Peran Kualitas Dalam Supply Chain Management (SCM)

Ardy Web - Seperti dengan pengertian fungsinya, Supply Chain Management (SCM) atau manajemen rantai suplai adalah segala aspek kegiatan yang berkaitan dengan aliran bahan mulai dari bahan baku hingga produk tersebut diterima sampai ke konsumen. 

Dalam pelaksanaan kegiatan ini melibatkan pihak supplier yang menyediakan bahan baku, manufacture yang mengolah bahan baku menjadi produk olahan (value added) dan kemudian produk olahan tersebut dialirkan melalui jalur distribusi hingga sampai ke tangan konsumen. Adapun aliran bahan adalah sebagai berikut :


Dalam proses pengolahan bahan baku menjadi produk di industri manufacture, aspek pengecekan kontrol kualitas sangat berperan penting dalam menghasilkan produk sesuai yang disyaratkan, disinilah terdapat hubungan antara kualitas dengan Supply Chain Management (SCM). 

Proses penerimaan bahan baku (raw material) akan melibatkan proses pengecekan terhadap produk yang datang dari supplier. Pengecekan dapat dilakukan dengan SOP (Standard Operating Procedure) yang telah dibuat bisa meliputi pengecekan sample, COA (Certificate Of Analysis) yang dilampirkan atau kondisi bahan baku yang diterima dan pengecekan lainnya. 

Bahan baku yang sudah lolos dari pengecekan (passed) tersebut tentunya akan digunakan pada proses pengolahan di jalur produksi. Pada proses ini dilakukan kontrol kualitas yang akan menjamin bahwa produk yang dihasilkan telah sesuai dengan yang disyaratkan.

Untuk menjamin akan kualitas produk yang datang dari supplier memenuhi standar yang disepakati, maka perlu dilakukan audit. Audit dapat dilakukan oleh Quality Assurance(QA), Procurement atau Purchasing dan bagian Produksi dari perusahaan Manufacture. Contoh obyek yang diaudit pada supplier dapat merujuk kepada kontrak kerja, keluhan yang muncul berkaitan dengan penggunaan bahan baku, penerapan standar SNI atau ISO.

Target akhir dari SCM adalah produk sampai tangan konsumen tanpa ada keluhan yang muncul (zero complain). Pemberian kode atau batch produksi sangatlah penting untuk setiap produk yang dihasilkan dan memberikan manfaat apabila ada customer complainsehingga akan memudahkan QA melakukan penelusuran alur terhadap produk yang dikeluhkan. Dari penelusuran ini akan diketahui akar penyebab masalah dan langkah untuk tindakan perbaikannya.

Sekian ulasan tentang Peran Kualitas Dalam Supply Chain Management yang bisa saya sampaikan. Semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.


EmoticonEmoticon