Rahasia Menjadi Yang Terbaik di Lingkungan Kerja

Rahasia Menjadi Yang Terbaik di Lingkungan Kerja

Apapun pekerjaan yang saat ini Anda tekuni, mungkin merupakan pekerjaan idaman Anda. Sudah pasti, Anda akan memberikan performa terbaik yang bisa Anda berikan pada pekerjaan Anda. Jika berbicara soal pekerjaan yang Anda tekuni tersebut, tak akan jauh dari keinginan dan tujuan kita untuk cepat mendapatkan promosi pada karir yang lebih menjanjikan.

Meskipun untuk mendapatkan promosi ataupun kenaikan jabatan ada banyak faktor yang dapat mempengaruhinya, berikut ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat ataupun agar Anda bisa menadapatkan promosi dengan lebih mudah. Toh, tips yang perlu Anda lakukan itu juga bukan hal yang sulit, sebaliknya, sangat mudah untuk diikuti.

Bahkan mungkin sebenarnya tanpa Anda sengaja, sudah Anda lakukan, tapi tidak ada salahnya Anda melihat kembali apa yang telah dan mesti Anda lakukan untuk memudahkan Anda mendapatkan promosi jabatan. Selamat membaca!
  • Santai saja.
    Banyaknya load pekerjaan yang Anda terima terkadang membuat anda serasa "gila". Terkadang juga banyak hal tak terduga sebelumnya yang bisa Anda temukan saat Anda menjalankan tugas Anda. Ada saja hal penting yang terlewat. Yang akan dilihat oleh atasan Anda adalah bagaimana Anda menghadapi hal tersebut. Baik kesulitan maupun hambatan yang tiba-tiba muncul menghambat Anda di tengah jalan. Jangan sungkan untuk bertanya pada rekan Anda ataupun langsung pada atasan Anda. Tunjukkan juga wajah yang bersemangat dan juga jangan lupa untuk tetap tersenyum, sehingga atasan Anda akan berpikir kalau Anda siap dengan berbagai tantangan yang ada di hadapan Anda.

  • Ambil beberapa pekerjaan lainnya
    Niat Anda untuk mengambil beberapa pekerjaan (tetap di bidang pekerjaan atau job description yang Anda tekuni tentunya) akan menambah nilai Anda dalam pekerjaan. Hal ini menunjukkan keseriusan Anda pada posisi yang Anda tekuni dan keefektifan sistem dan performa kerja Anda. Kerelaan Anda untuk melakukan tanggung jawab lebih dari yang seharusnya juga akan menambah nilai plus Anda di mata perusahaan.

  • Datang lebih cepat, Pulang lebih lambat
    Oke, memang hal ini biasa kita lakukan hanya pada saat awal karir kita. Setelah beberapa lama kita bekeja, hal inipun seperti terlupakan oleh kita. Cobalah untuk datang 15 menit lebih cepat dan selesaikan pekerjaan Anda saat itu meskipun itu berarti Anda harus pulang lebih telat.

  • Berikan Perhatian Anda
    Berikan solusi ataupun ide-ide baru untuk lebih memajukan perusahaan dapat Anda lakukan untuk menunjukkan perhatian Anda pada kemajuan perusahaan. Jangan ragu-ragu untuk memberikan masukan pada atasan Anda atas masalah yang sedang dihadapi perusahaan.

  • Promosikan diri Anda sendiri
    Maksudnya adalah beri tahu keberhasilan yang telah Anda capai saat ini. Jika Anda mempunyai ide baru, sebaiknya langsung katakan pada atasan Anda daripada kepada kolega Anda, karena bisa saja, ide tersebut "dicuri" oleh kolega Anda. Pastikan Anda selalu mengatakan keberhasilan apa saja yang Anda capai. Sehingga atasan Anda pun tahu performa kerja Anda.

  • Hitung keberhasilan yang Anda peroleh
    Anda bisa membandingkan persentase keberhasilan yang Anda capai di tahun lalu dengan tahun sekarang ini. Misalnya Anda menghitung tahun kemarin Anda berhasil menaikkan produktivitas perusahaan sebanyak 15% dan bandingkan dengan keberhasilan tahun ini.

  • Jaga penampilan Anda
    Hal yang satu ini ternyata cukup menjadi salah satu yang perlu Anda perhatikan saat Anda bekerja. Usahakan agar Anda selalu tampak enak dilihat, dan kerapihan juga terjaga. Atasan Anda dan juga perusahaan pasti akan mengharapkan penampilan Anda terjaga kualitasnya sebagaimana performa Anda. Tak perlu berlebihan. Berdandanlah secukupnya. Selaraskan penampilan Anda sesuai dengan posisi Anda.

  • Tanyakan bagaimana caranya Anda mendapatkan kenaikan
    Ini juga penting untuk ditanyakan pada atasan Anda. Misalnya bagaimana jalan karir Anda, tingkatan posisi yang harus Anda lewati, jadi Anda pun dapat menyesuaikan target kerja Anda sesuai dengan jalan karir yang harus tempuh.

  • Bergaulah dengan orang yang sesuai
    Untuk bergaul di kantor pun perlu Anda perhatikan. Dengan siapa Anda akan berbagi ide dan juga cerita seputar kantor, perlu Anda perhatikan. Jangan sampai Anda bergaul dengan si tukang gosip, bisa-bisa Anda yang digosipkan, bukan? Ada baiknya sekali-sekali Anda juga bergaul dengan atasan Anda, bukan untuk "menjilat" atau mencari perhatian si Bos, tetapi ada baiknya juga dia tahu "isi kepala" Anda yang sebenarnya

  • Berikan bantuan pada atasan
    Bantuan bisa berupa apa saja, dari yang sederhana atau simple things bisa Anda lakukan untuk memberikan pengetahuan pada atasan Anda akan kemampuan Anda. Bisa saja anda membantu membuat report atau bisa juga membicarakan masalah kantor di saat santai. Berbagai ide secara sambil lalu juga bisa Anda kemukakan saat makan siang bersama daripada Anda sibuk menanyakan soal kenaikan gaji. Meskipun membicarakan hal tersebut juga perlu Anda bicarakan, tetapi semakin sering Anda kemukakan hal tersebut semakin "hilang" pula kesempatan tersebut Anda dapatkan.

Demikianlah beberapa tips mudah yang bisa Anda ikuti untuk memudahkan Anda mendapatkan atau melancarkan jalan karir Anda. Yang terpenting adalah

"Berikan kesempatan bagi Anda sendiri dan atasan untuk mengetahui kualitas Anda dan pentingnya posisi Anda bagi perusahaan"

Karena itu, tetap bersemangat, dan selamat bekerja!


Semoga bermanfaat


SALAM SUKSES


Sumber : Bisnis Indonesia


EmoticonEmoticon