Cara Pengelolaan Waktu Yang Efektif Bagi Supervisor dan Manajer

Cara Pengelolaan Waktu Yang Efektif Bagi Supervisor dan Manajer
"Waktu adalah harta terbesar yang kita punya"

Tak dipungkiri bahwasanya pengelolaan waktu adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan kita. Terutama untuk para eksekutif untuk membangun kualitas diri dan organisasinya. Kecakapan pengelolaan waktu memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis maupun organisasi, karena ini menunjukkan suatu orientasi kedisiplinan (Disipline oriented) yang akan membawa individunya ke arah tujuan. 

Disini para supervisor atau manajer perlu berlatih dari dalam diri (Mengelola diri) agar tercipta kesesuaian antara pekerjaan dan hal bersifat pribadi. Untuk itu diperlukan prioritas dan komitmen dalam menyusun sebuah urutan aktivitas atau pekerjaan sehingga hasil dari pencitraan ini akan berdampak kepada organisasi / orang lain. 

Lalu bagaimana tips melatih pengelolaan waktu yang efektif? Berikut ulasannya :

1. Membuat Prioritas

Ya, seperti yang saya katakan diatas, membuat prioritas adalah hal utama yang harus anda pikirkan. Karena ini terkait dengan tingkat urgensi yang ada pada setiap aktivitas keseharian anda. Ini akan memiliki fungsi menyeleksi mana saja pekerjaan yang wajib anda kerjakan di hari itu dan memberikan kriteria penilaian yang subyektif. 

Saya beri contoh, Jika pada suatu haru anda memiliki pekerjaan A, B, C dalam joblist anda. Dan pekerjaan A memiliki deadline paling urgen dari pada B, C, maka sebisa mungkin anda fokus pada pekerjaan / proyek A terlebih dahulu. Bila perlu buatlah penilaian tingkat urgensi pada setiap pekerjaan, agar memudahkan anda dalam memilihnya.

2. Disipline oriented

Jadikanlah ini sebuah prinsip dan komitmen anda dalam menyelesaikan setiap tugas harian. Jangan sampai di tengah jalan anda terbuai oleh gangguan lain yang menyebabkan tersendatnya pekerjaan tertentu. Jangalah sekali-kali menunda pekerjaan apapun alasannya, karena menunda hanya akan membuat rasa malas menambah bahkan tak menutup kemungkinan masalah akan semakin besar dan runyam.

3. Fokus

Fokus sangatlah penting dalam menuntaskan pekerjaan. Selain akan menambah keakuratan dalam bekerja, fokus pun dapat mempercepat selesainya pekerjaan yang adan kerjakan. Sekali-kali jangan mengerjakan beberapa tugas sekaligus dalam waktu yang bersamaan ya, dikarenakan itu akan mengurangi efektivitas serta bisa mengakibatkan terjadinya kesalahan dalam pekerjaan anda.

4. Buatlah jadwal harian

Nah, untuk yang satu ini. Anda bisa menggunakan alat bantu yang bisa mengingatkan anda pada pekerjaan di hari itu. Kertas kecil, stiker dan lain sebagainya yang ditempatkan di monitor atau ditempat lain yang sering anda lihat dan jumpai di ruangan anda. List ini berupa daftar rencana kegiatan harian. Dengan begitu ini dapat mengingatkan anda selalu dalam menyelesaikan segala jenis pekerjaan anda.

5. Maknai waktu anda

Hargai dan maknai setiap detik, menit, jam waktu anda yang berharga itu. Ini berarti bagaimana anda memanfaatkan waktu sebagaimana mestinya dan sesuai dengan kebutuhannya. Efekttifkan waktu kerja anda dan waktu istirahat anda dengan baik.



Cukup sederhana bukan? Sekian ulasan kali ini. Semoga bermanfaat

SALAM SUKSES




EmoticonEmoticon