Cara Jitu Dalam Mengambil Keputusan Yang Sulit

Cara Jitu Dalam Mengambil Keputusan Yang Sulit

Cara Mengambil Keputusan yang Sulit di Tempat Kerja. Kita pasti pernah dihadapkan pada pilihan yang sulit. Sering kali kita tahu apa yang ingin kita lakukan dan kita tahu bagaimana cara untuk dapat menyelesaikannya. Namun, tidak jarang kita dibuat bingung ketika dihadapkan pada pilihan dan bertanya-tanya apa langkah selanjutnya yang seharusnya kita ambil. Jika Anda merasa ragu-ragu untuk melakukan pilihan, tetapi ingin terus bergerak maju, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda dalam menetukan pilihan yang sulit.

#Jangan melompat hanya untuk melompat

Cara mengambil keputusan yang sulit di tempat kerja. Jika Anda tidak tahu apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya, jangan melakukan apapun. Lebih baik menunggu sampai Anda merasa lebih yakin tentang sesuatu yang ingin Anda lakukan sebelum memutuskan pilihan. Yang Anda butuhkan adalah informasi yang detail dan aktual. 

Alih-alih berfokus dalam membuat pilihan, Anda dapat bertanya kepada orang-orang di sekitar tentang hal-hal baru yang belum Anda ketahui. Ini bisa membantu Anda mendapatkan informasi yang Anda butuhkan untuk menentukan suatu keputusan. Anda dapat menunggu sambil belajar dan yang pasti adalah bersabar. Jawabannya akan lebih jelas setelah Anda memiliki informasi lebih lanjut yang lengkap, dan Anda akan merasa lebih yakin untuk bergerak maju.

#Berkolaborasi

Cara mengambil keputusan yang sulit di tempat kerja. Kolaborasi yang dimaksud bukan hanya tentang mendapatkan sudut pandang dan pendapat orang lain. Berdiskusi mengenai isu-isu terbaru dengan kelompok juga akan membantu Anda mengetahui cara memecahkan masalah atau menentukan keputusan dengan cara yang berbeda. Dengan berbagi pengalaman tentang pilihan, pro dan kontra, Anda akan mendapatkan wawasan yang lebih pada diri sendiri.

#Gunakan Metode Pugh (Metode Matriks Keputusan)

Cara mengambil keputusan yang sulit di tempat kerja. Kadang-kadang, alat kuantitatif dapat membantu ketika Anda merasa belum yakin dalam menentukan sebuah keputusan. Sebuah matriks keputusan ( juga dikenal sebagai Metode Pugh ) bisa membantu Anda untuk menentukan sebuah pilihan. Intinya, cobalah untuk membuat tabel daftar pilihan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan-pilihan tersebut, dan kemudian menetapkan nilai rating untuk masing-masing faktor. Setelah mempertimbangkan setiap bagian dari tabel daftar pilihan dan menentukan nilai pada masing-masing faktor, hitunglah skor atau nilai Anda, dan Anda akan tahu apa yang harus dilakukan.

#Gunakan alam bawah sadar

Cara mengambil keputusan yang sulit di tempat kerja. Ketika pikiran sadar tidak mampu untuk mendapatkan solusi, Anda mungkin harus tidur untuk sejenak. Terkadang alam bawah sadar kita justru mampu memberikan bantuan. Inspirasi yang datang mungkin tidak seperti yang kita dapatkan ketika kita terbangun, tapi itu tidak berarti bahwa ide-ide yang muncul kurang bermanfaat. Alam  bawah sadar datang kepada kita seperti firasat. Sangat penting untuk membuktikan kebenaran dari pikiran-pikiran yang muncul dengan fakta yang ada.

#Ingat, kebanyakan keputusan dapat dibatalkan

Cara mengambil keputusan yang sulit di tempat kerja. Seringkali, kita memiliki kesulitan membuat keputusan untuk sesuatu hal yang sangat penting dan kita merasa seperti berada di bawah tekanan. Cobalah untuk sedikit bersantai agar pikiran Anda menjadi lebih jernih, sehingga dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan. 

Ingat bahwa keputusan yang telah diambil masih dapat dibatalkan, jadi Anda akan lebih tenang untuk membuat pilihan terbaik. Jika Anda sudah menentukan sebuah pilihan, namun di tengah jalan merasa bahwa pilihan Anda salah, cobalah hadapi dengan tenang dan beralih pada pilihan yang lain. Anda harus mengingat bahwa beberapa hal menjadi “harus dipilih” hanya pada waktu tertentu. Anda selalu dapat mengubah arah nanti jika Anda perlu.


Semoga bermanfaat

SALAM SUKSES

Sumber referensi : vmediaweb


EmoticonEmoticon