8 Ciri Tim Yang Sukses dan Efektif

8 Ciri Tim Yang Sukses dan Efektif
Menjadikan timnya efektif dan sukses adalah impian bagi setiap pemimpin sukses. Ini menjadi tantangan tersendiri dalam menggapai setiap visi dan tugas yang diberikan oleh perusahaan. Mengingat banyaknya manfaat jika tim Anda menjadi tim yang efektif, perlu diperhatikan hal-hal yang akan saya berikan dibawah pos ini.

Ciri-ciri ini dapat dijadikan evaluasi bagi seorang manager dalam proses pembentukan dan pengembangan team menuju team yang efektif. Adapun ciri-ciri Team yang Sukses dan Efektif adalah:

1. Sasarannya Jelas

Team yang efektif harus memahami sasaran yang harus dicapai. Sasaran akan mendorong anggota team mengarahkan ulang perhatian pribadi ke sasaran team.

2. Keterampilan relevan 

Team yang efektif haruslah terdiri dari anggota-anggota yang memiliki keterampilan dan kemampuan yang relevan baik keterampilan teknis maupun keterampilan antar-pribadi.

3. Saling percaya 

Team yang efektif bercirikan kepercayaan timbal balik yang tinggi di kalangan anggota, artinya anggota-anggota yakin akan integritas, watak, dan kemampuan satu sama yang lain. Organisasi haruslah menciptakan budaya yang penuh kepercayaan dengan menghargai keterbukaan, kejujuran, dan proses kerja sama dan yang mendorong keterlibatan karyawan serta otonomi karyawan.

4. Komitmen yang disatukan 

Para anggota team yang efektif menampilkan dedikasi dan loyalitas yang hebat terhadap timnya. Mereka rela melakukan apa saja yang harus dilakukan untuk menolong berhasilnya tim mereka.

5. Komunikasi yang baik 

Anggota-anggota mampu menyampaikan pesan-pesan satu sama lain yang gampang dan dimengerti dengan jelas baik verbal maupun lisan

6. Keterampilan negosiasi 

Team yang efektif cenderung bersifat fleksibel dan terus-menerus membuat penyesuaian. Fleksibilitas ini menuntut anggota-anggota team untuk memiliki keterampilan negosiasi yang memadai

7. Kepemimpinan yang memadai 

Pemimpin yang efektif dapat memotivasi suatu team untuk mengikuti mereka menempuh situasi-situasi yang paling sulit dengan cara membantu memperjelas tujuan.

8. Dukungan Internal dan Eksternal 

Maksudnya adalah iklim yang mendukung. Team harus diberikan infrastruktur yang memadai seperti pelatihan, sistem pengukuran yang dimengerti oleh team untuk mengevaluasi kinerja keseluruhan. Secara eksternal, manajemen harus memberikan sumberdaya yang dibutuhkan. 

Dapat juga membentuk iklim secara eksternal yang mendukung pekerjaan team. Ciri-ciri di atas dapat menjadi suatu checklist bagi seorang manager dalam melakukan evaluasi terhadap teamnya dan menilainya agar menjadi bahan bagi manager untuk meningkatkan efektifitas team.



Semoga bermanfaat


SALAM SUKSES

Sumber & referensi : kapdam.blogspot.co.id


EmoticonEmoticon