Dalam dunia organisasi, komunikasi menjadi hal terpenting dalam setiap aktivitasnya yang memang lebih banyak bersosial. Untuk itu sebagai komponen di dalamnya kita pun mutlak mengetahui apa saja faktor yang akan mempengaruhi kualitas informasi yang beredar dalam organisasi kita. Ya, apalagi jika bukan untuk melakukan langkah preventiv bukan?
Nah, Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi pada umumnya, yakni kemungkinan berbagai hambatan yang dapat timbul. Oleh karena itu perlu diketahui hambatan-hambatan tersebut :
1) Kebisingan
2) Keadaan psikologis komunikan
3) Kekurangan keterampilan komunikator atau komunikan
4) Kesalahan penilaian oleh komunikator
5) Kurangnya pengetahuan komunikator/komunikan
6) Bahasa
7) Isi pesan berlebihan
8) Bersifat satu arah
9) Faktor teknis
10) Kepentingan / interest
11) Prasangka
12) Cara penyajian terlalu verbalistik dan sebagainya
Sekian dulu ya ulasan kali ini. Semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.
EmoticonEmoticon