5 Langkah Menjadi Karyawan Berprestasi



Perlu disadari, untuk menyandang karyawan berprestasi perlu usaha keras, karena persaingan yang makin ketat di antara sesama pegawai. Jika Anda ingin jadi 'pemenang' di mata atasan, Lakukanlah dengan segala kemampuan terbaik dan disertai konsistensi yang tinggi.

Nah, daripada penasaran langsung saja mari kita simak.

5 Langkah Menjadi Karyawan Berprestasi

1. Baik saja tak cukup

Ya, pernahkah anda melihat karyawan yang baik dalam bekerja bertahun-tahun namun masih saja di posisi dan tingkat karyawan yang sama? Atau andakah yang mengalaminya? Ya, apapun itu. Dalam berkompetisi tentunya baik saja tidaklah cukup. Melainkan anda harus EXCELLENT! Ingatlah terus dalam benak anda mengenai pemahaman ini.

2. Tingkatkan kinerja

'What you did is what you got'. Kalimat bijak yang sudah sangat akrab dengan telinga ini mengingatkan, bahwa apa yang Anda dapatkan saat ini atau di masa depan, merupakan ganjaran setimpal atas apa yang telah atau sedang Anda lakukan.

Maka tingkatkan kinerja agar apapun yang Anda lakukan, hasilnya akan lebih maksimal. Jangan malas dan jangan pula melakukan hal-hal tidak jujur dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Juga berhentilah berkata: "Ah, saya sih bekerja sesuai argo saja." Hati-hati, kalimat ini bisa jadi bumerang untuk Anda. Sebab, banyak perusahaan yang baru memberikan penghargaan setelah melihat pekerjaan karyawannya memuaskan. 

3. Ambil tanggung jawab lebih

Jika kinerja telah meningkat, buat diri Anda lebih menonjol lagi dibanding yang lain. Caranya, jangan takut atau ragu untuk mengambil tanggung jawab lebih dari yang dibebankan perusahaan kepada Anda.

Misalnya, jika pada tugas yang diberikan ada peluang untuk dikembangkan, kembangkanlah. Meskipun itu berarti Anda akan mendapat tanggung jawab tambahan.

Atau, jika rekan kerja Anda tak sempat atau tak sanggup menyelesaikan pekerjaannya, bantulah. Dengan cara ini semua orang, termasuk bos, akan melihat bahwa Anda memang punya potensi untuk diberi promosi atau dijadikan sebagai karayawan berprestasi.

4. Attitude

Ya, ini adalah faktor terakhir yang penting bagi anda jika ingin mendapatkan promosi dan menjadi karyawan berprestasi. Mengapa demikian? Coba anda bayangkan. Jika anda menguasai 3 skill diatas tanpa sikap perilaku yang baik dalam diri anda, apakah manajemen akan memilih anda? Misalnya, anda keras kepala, anda seringkali mangkir dan anda sering melawan atasan. Apakah hasil selanjutnya? Ya saya kira anda sendiri sudah tahu jawabannya.

5. Konsistensi

Mengapa konsistensi? Ya, konsistensi seringkali menjadi batu ganjalan dalam meraih suatu impian dan kemauan. Bayangkan, jika anda ingin memiliki uang senilai 10 ribu rupiah. Lalu anda menabung 2 ribu perhari, dan dihari kelima anda merasa bosan atau malas menabung. Apakah anda akan mendapatkan apa yang anda inginkan, yakni uang tunau senilai 10 ribu rupiah? Ya, saya yakin jawabannya anda pun tahu.

Makadari itu lakukanlah langkah ke 5 ini agar manajemen melihat keseriusan anda dalam meraih target perusahaan ataupun target pribadi anda.


Sekian ulasan kali ini ya.
Semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.

SALAM SUKSES


EmoticonEmoticon