INILAH PRINSIP-PRINSIP STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN

Prinsip Organisasi
Prinsip dalam organisasi seperti halnya tiang kokoh yang akan menjaga dari kehancuran sebuah bangunan dari bencana dari luar. Ya sangat berpengaruh dalam perkembangan organisasi tersebut. Untuk itu, sebagai pemimpin ataupun menjadi anggota di dalamnya, sebaiknya kita mengetahui prinsip-prinsip yang harus ada dalam organisasi berikut :

PRINSIP-PRINSIP STRUKTUR ORGANISASI

1.Pembagian kerja dan sepesialisasi.

Dapat dipandang dari dua sudut:

a. Membagi sesuatu pekerjaan dalam bagian yang kecil
b. Memusatkan usaha-usaha individual pada aktivitas yang memanfaatkan bakat semaksimal mungkin.

2.Garis-garis otoritas yang jelas.

Aktivitas perusahaan harus dibagi dalam segmen yang digariskan dengan jelas, sehingga masing-masing segmen ditempatkan dalam hubungan yang berimbang satu sama lain.

3.Penetapan tanggung jawab secara jelas.

Setiap orang harus mengerti dengan baik, tugas-tugas apa ia bertanggung jawab.

4.Otoritas yang sesuai dengan tanggung jawab. 

a. Penetapan tanggung jawab harus diikuti dengan otoritas yang cukup memadai. 
b. Keputusan harus diberikan hingga bidang dimana problema timbul dan dimana keputusan akan diterapkan. 

5.Kesatuan penugasan yang jelas. 

a. Fungsi-fungsi yang serupa sebaiknya berhubungan erat didalam struktur yang ada. 
b. Fungsi-fungsi yang berhubungan dengan masing-masing posisi harus konsisten. 
c. Harus adanya syarat-syarat yang cukup sama dengan skill. 

6.Rentang pengawasan. 
7.Komunikasi.


Sekian ulasan dari saya. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat.


EmoticonEmoticon