Tips Menghadapi Cobaan dan Masalah Hidup

Cara Menghadapi Permasalahan dan Cobaan Hidup - Anda pasti pernah bertanya, gimana sih cara agar kita bisa kuat menghadapi cobaan hidup? Mengatasi permasalahan hidup? Ya kamu ubah mind set kamu. Sebuah cobaan sering kali dianggap sebagai sebuah musibah kan? 

Nah kata "musibah" itu yang harus kamu ganti. Kenapa? Menurutku kata musibah itu terkesan terlalu negatif sehingga membuat kita merasa jatuh. Akan lebih baik kalo kita ganti sebagai kata "ujian". Seperti yang aku sebutkan diatas, pada dasarnya sebuah cobaan dijatuhkan pada kita tentu ada tujuannya. 

Coba kita analogikan atau kita lakukan perumpamaan tentang cobaan ini. Kamu dianalogikan sebagai sebuah smartphone. Sebelum dipasarkan atau dijual, pastilah sang pencipta menginginkan "produk" yang dibuatnya itu berkualitas baik. Semakin baik kualitasnya, semakin "mahal" pula harganya.

Dan untuk mendapatkan smartphone kualitas terbaik itu pastinya akan dilakukan serangkaian percobaan. Iya kan? Produk itu bakal dibanting, ditendang, direndam atau apa saja untuk menguji kualitasnya. Nah seperti itulah kira-kira kita saat sedang menghadapi cobaan. Jadi disini mind set kita adalah :
Kita mendapatkan cobaan bukan karena Tuhan membenci kita, tetapi karena ingin melihat seberapa kuat kita bertahan dari cobaan itu. Semakin kuat kamu bertahan, maka semakin baik "kualitas" diri kamu.
Jadi dalam menghadapi cobaan kita harus ikhlas jika kita ingin cobaan itu bisa bermanfaat untuk menjadikan diri kita memiliki "kualitas" yang lebih baik. Siapa sih yang gak mau sama "barang" berkualitas baik? Itu poin yang pertama.

Hadapi cobaan, bukan lari darinya karena cobaan hidup adalah "Ujian naik kelas"

Kamu pasti tau sekolahan donk? Di sekolah itu ada tingkatan-tingkatan yang dibedakan menjadi kelas-kelas tertentu. Semakin tinggi kelas yang kita duduki, maka pelajaran yang kita dapatkan akan semakin sulit dan kompleks (rumit). Nah disini kita analogikan kehidupan kita sebagai kehidupan di sekolah. Misalnya kamu masih kelas 1 SD. Ketika akan naik ke kelas 2 SD, pastinya kamu bakal diberikan "ujian" dulu bukan? Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah kamu layak untuk naik kelas. Dan jika kamu lulus dalam ujian tersebut, maka kamu layak dan berhak untuk ke tingkatan selanjutnya. Dan seperti yang sudah aku sebutkan diatas, semakin tinggi tingkatan maka akan semakin berat pula ujiannya.

Disini mind set kita adalah :
Ujian atau cobaan hidup itu, adalah sebuah "proses" agar kita menjadi lebih baik lagi. Kalau kamu bisa melaluinya dengan baik dan yang paling penting adalah JUJUR, maka kamu layak naik ke tingkat berikutnya dengan kualitas yang baik.
Kenapa kata JUJUR aku tekankan? Karena orang bisa aja lulus dengan berlaku tidak jujur atau curang dalam melalui ujian, misalnya dengan mencontek, membeli kunci jawaban dan lain sebagainya. Kalo kata orang yang sering melakukan itu sih "yang penting lulus". Padahal, kelulusan dengan cara seperti itu tidak memberikan manfaat apa-apa buat kita. Coba kamu lihat mereka yang tidak jujur, apakah mereka bisa melalui "ujian" di sekolah dengan baik jika mereka tidak bisa menyontek? Apakah mereka bisa menyelesaikan soal dengan benar jika mereka tidak bisa membeli kunci jawaban? Tentu saja tidak.

Nah maksud dari berlaku tidak jujur dalam menghadapi ujian ini adalah lari dari kenyataan. Orang yang sudah terbiasa lari dari kenyataan (dalam contoh diatas adalah mencontek atau berbuat curang) untuk melewati sebuah ujian akan semakin dibuat pusing dan galau dengan cobaan (ujian) yang akan datang berikutnya. Karena seperti yang sudah aku katakan, semakin tinggi tingkatanmu, maka akan semakin sulit ujian yang harus dihadapi. Tapi, jika kamu sudah terbiasa menghadapi ujian dengan jujur, maka ujian berikutnya akan terasa mudah karena kamu sudah tau bagaimana cara untul melewatinya dengan benar. Jadi, hadapilah cobaan kita dengan benar dan jujur agar cobaan di masa mendatang tidak terasa terlalu berat. Itu poin yang kedua.

#Cobaan adalah untuk memperingatkan kita

Pernah gak kamu merasa kehilangan akan sesuatu yang berharga di hidupmu? Pacar diambil orang misalnya. Eit, itu juga termasuk cobaan loh. Atau mungkin kamu merasa terlalu banyak orang yang tidak menyukai kamu, sehingga kamu kesulitan menemukan teman dalam hidup? Kamu tau apa sebabnya kita diberikan cobaan yang demikian? Tujuannya tidak lain adalah untuk mengingatkan kita bahwa ada sesuatu yang salah dalam diri kita, tapi apa? Sekali lagi mind set berperan penting agar kita menyadari hal ini. Nih aku kasih sedikit contohnya.

Setiap sebab pasti ada akibat, seperti itulah hukumnya. Misalnya pacar kita diambil orang, ya biarin aja#eh. Hihi, iya, kita pake contoh itu aja yaa. Misalnya pacar kita direbut orang, itu tanda bahwa ada yang tidak beres dari kita. Misalnya? Ya pasti ada yang dipertimbangkan ama si dia donk sebelum memutuskan untuk meninggalkan kita. Entah sikap kita yang kurang baik, emosian, atau mungkin karena wajah kita kurang tampan atau cantik? Waaahhh itu tuh, kalo dianya ninggalin kita cuma gara-gara masalah tampang doank ya berarti dia juga bukan pasangan yang baik, jadi biarin aja :P.

Jadi intinya disini adalah:
Kita diberi cobaan untuk memperingatkan kita agar memperbaiki kesalahan dalam diri kita, untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik tentunya.
Kalau misalnya kita tidak diberi cobaan seperti itu, belum tentu kan kita bakal sadar apa aja kesalahan kita? Maka dari itu cobaan juga merupakan hal penting dalam hidup kita.

Jadi setiap cobaan itu pasti ada tujuannya, dan aku rasa ketiga poin diatas udah cukup untuk pembahasan kali ini. Dan inget, mungkin kamu perlu untuk mencerna tulisan ini supaya kamu mengerti apa yang aku maksudkan. Nah mungkin itu aja yang bisa aku tulis di posting ini. Semoga bisa membuka pikiran pemirsa sekalian agar lebih berani, jujur dan ikhlas dalam menghadapi cobaan yaa :D


Semoga bermanfaat


SALAM SUKSES


EmoticonEmoticon