Teknik Peramalan (Forecasting) Untuk Manajer


Tanggung jawab penting para manajer adalah memastikan kemampuan perusahaan mereka untuk dapat bertahan hidup. Ini dapat dilakukan dengan mengantisipasi dan menyesuaikan diri terhadap perubahan – perubahan lingkungan sedemikian hingga membuka peluang – peluang baru untuk bertumbuh dan profitabilitas. Dampak perubahan pada lingkungan jauh ( remote ) dan lingkungan tugas ( operasional ) haruslah dipahami dan diprediksi. Peramalan yang akurat atas elemen – elemen lingkungan yang berubah merupakan bagian sangat penting dari manajemen strategik.

Untuk membantu menduga peluang dan kendala yang akan datang , mereka hendaknya mengambil langkah – langkah berikut :

1.      Memilih variabel – variabel lingkungan yang penting bagi perusahaan.
2.      Memilih sumber informasi lingkungan yang penting.
3.      Mengevaluasi teknik – teknik peramalan.
4.      Mengintegrasikan hasil peramalan kedalam proses manajemen strategik.
5.      Memantau aspek – aspek penting dalam memanajemeni peramalan.

#MEMILIH VARIABEL LINGKUNGAN YANG PENTING

Para pakar manajemen berpendapat bahwa penyebab penting dari tidak menentunya lingkungan bisnis adalah perubahan struktur dan dinamika populasi.Perubahan ini pada gilirannya mengakibatkan perubahan – perubahan besar dilingkungan ekonomi , sosial dan politik. Perubahan struktur dan dinamika populasi merupakan hal penyebab tidak menentunya lingkungan bisnis. Perubahan populasi ini bersifat radikal, tak menentu, dan kontradiktif. Maka dengan adanya kaitan tersebut dalam menentukan variabel lingkungan yang penting perlu menelaah pada dampak yang akan terjadi atau memiliki keterhubungan, misalnya dari populasi penduduk akan berdampak pada aspek sosial, ekonomi, bahkan politik, hal-hal tersebut perlu diramalkan atau diprediksi. Dalam hal ini aspek ekonomi  merupakan aspek tertinggi yang berpengaruh.

#Memilih Variabel-Variabel Kunci

Yang bertanggung jawab atas perusahaan untuk mendapatkan data peramalan lingkungan yaitu eksekutif atau komite. Seperti di perusahaan Sun (Oil) Company, tanggung jawab masa depan jangka panjang perusahaan dipikulkan kepada ketua dan wakil ketua dewan direksi yang bertugas menilai lingkungan, khususnya dalam lingkungan bisnis umum.

Dalam perusahaan tersebut yang memilih variabel-variabel kunci  yaitu yang memiliki kapabilitas dan kemampuan dibutuhkan untuk memilih variabel-variabel politik, ekonomi, dan sosial di seluruh dunia. Oleh karenanya, personil setempat, konsultan luar, atau satuan tugas perusahaan dapat ditugasi untuk membantu  dalam peramalan.

#Variabel-Variabel yang Harus Dipilih

Daftar penyusunan variabel-variabel  yang harus dipilih dalam  menentukan mati dan hidup suatu perusahaan :
  1. Masukkan semua variabel yang akan menimbulkan dampak besar meskipun probabilitasnya rendah
  2. Abaikan bencana-bencana besar (kendala-kendala)
  3. Bila memungkinkan, kelompokkan variabel ke dalam variabel yang lebih besar.
  4. Jika nilai suatu variabel didasarkan pada nilai variabel lain, pisahkan variabel dependen ini untuk perencanaan ke depan.

#MENYELEKSI SUMBER-SUMBER INFORMASI LINGKUNGAN YANG PENTING

Sebelum peramalan formal dapat dimulai, sumber-sumber informasi lingkungan yang sesuai haruslah diidentifikasikan. Pengumpulan informasi strategik yang biasa melalui bahan bacaan, interaksi, dan pertemuan-pertemuan merupakan sebagian cara yang biasa ditempuh para eksekutif, tetapi ini dipengaruhi oleh pandangan pribadi dan karenanya perlu diseimbangkan dengan pandangan-pandangan alternatif.

MENGEVALUASI TEKNIK-TEKNIK PERAMALAN

1)  Peramalan Ekonomi
2)  Isu Kunci dalam Lingkungan Jauh
3)  Ekologi
4)  Politik
5)  Teknologi
6)  Isu Kunci dalam Lingkungan Industri Pendatang Baru
7)  Kekuatan Tawar Menawar Pemasok
8)  Produk atau Jasa Substitusi
9)  Kekuatan Tawar Menawar Pembeli
10)  Persaingan Dikalang Peserta Persaingan Yang Ada
11)  Isu Kunci dalam Lingkungan Operasional Posisi Bersaing
12)  Profil Pelanggan dan Perubahan Pasar
13)  Hubungan dengan Pemasok
14)  Kreditor
15)  Pasar Tenaga Kerja


Cukup kompleks memang, tapi jika variabel terbesar yang berkorelasi terhadap pertumbuhan maupun "musuh" perusahaan sudah di dapat. Selanjutnya anda bisa memfollow up variebel tersebut dan mengelolanya dalam suatu keutuhan yang nyata.


Sekian ulasan kali ini. Semoga bermanfaat.

SALAM SUKSES

Referensi : zakariaangga


EmoticonEmoticon