Ini Dia! Strategi Jitu Agar Kepemimpinan Menjadi Efektif


Dalam mencapai sebuah impian maupun tujuan yang cepat tentunya harus disertai strategi yang jitu dalam meraihnya. Para peneliti pun telah menguraikan bagaimana cara menciptakan pemimpin yang efektif agar mampu melawan tantangan dan persaingan dalam bisnis perusahaan.

Selain itu keefektifan kepemimpinan akan sangat membantu perusahaan/organisasi dalam pertumbuhannya secara simultan dan bertahap. Dan begitupun sebaliknya, jika pemimpin tak mampu menjadikan kepemimpinannya efektif dalam bertugas, maka bisnis pun lambat laun akan mengalami ambruk dihantam krisis ekonomi.

Pertanyaanya seperti apa sttrategi itu? Berikut penjelasannya agar pemimpin memiliki kepemimpinan yang efektif :

1. Memiliki visi yang jelas (Visioner)

Ini adalah modal awal bagi seorang pemimpin untuk mendapatkan lebih banyak kesuksesan dimasa mendatang. Banyak manfaat jika hal ini diterapkan dengan penuh dedikasi dan integritas, salah satunya seorang pemimpin yang memiliki visi yang kelas akan mampu secara efektif mengkomunikasikan apa saja yang telah direncanakan. Tentunya ini akan berdampak kepada kualitas akhir pekerjaan oleh para bawahan.

2. Cermat memperhitungkan resiko

Cermat dalam artian bahwa dalam suatu kepemimpinan diperlukan kesensititifan terhadap resiko-resiko dengan memberikannya penilaian yang mempehitungkannya sebelum bertindak. Hingga berujung kepada keyakinan dalam mengambil keputusan yang berkualitas.

3. Komunikasi efektif

Berkaitan dengan poin nomor 1. Bahwa dalam membangun hubungan tim yang sarat akan hukum sosial dan intensitas bertemu. Akan jauh lebih bernilai jika setiap pendelegasian berdasarkan karakter bawahan anda dan keadaan sebenarnya dilapangan. Komunikasi efektif pun berarti terjadi sebuah komunikasi dua arah dimana pemimpin dan bawahan bisa saling mengekspresikan pandangan dan aspirasi.

4. Mampu menilai 

Tak hanya memperhitungkan resiko-resiko. Seorang pemimpin pun harus mahir dalam menilai setiap aktifitas dan kinerja tim.  Karena menghargai karyawan adalah salah satu strategi dasar kepemimpinan. Karyawan yang menjadi virtual capital adalah aset yang paling berharga selain keuntungan dalam bentuk uang. Untuk itu pemimpin harus cerdas dalam memperdayakan sumber daya manusia dengan segala investasi waktu yang ada,


Semoga bermanfaat ya.


SALAM SUKSES


EmoticonEmoticon