5 Sifat Penentu Keberhasilan Kepemimpinan Manajer dan Supervisor

Seorang manajer maupun supervisor memiliki peran penting untuk perkembangan bisnis perusahaan. Dua aktor ini adalah pemimpin yang sangat diharapkan keberadaan dan keputusannya. Tentu saja mengingat hal ini tak lepas dari sifat yang ada dalam diri seorang pemimpin, maka perlu di perjelas kembali menganai sifat apa saja yang akan menjadikan/penentu keberhasilan seorang pemimpin?

Berikut ada beberapa sifat umum yang sangat bsia mempengaruhi kinerja dan perkembangan sebuah organisasi/perusahaan :


1. Pendengar yang baik

Pernahkah anda mendengar filosofi "Jumlah mulut itu satu, sedangkan telinga dua". Ini tak hanya sebuah kiasan saja. Namun berarti fakta yang menjelaskan bahwa kita dianjurkan untuk lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.

Dengan banyak mendengarkan, akan ada informasi atau input yang kita dapatkan dalam otak kita yang tentunya akan sangat menguntungkan kita sebagai pemimpin. Selain bisa menjadi tolak ukur dalam pemecahan masalah, kita pun akan bisa memposisikan bawahan dan peran kita diantara mereka.

2. Kedewasaan.

Saya rasa tanpa menjelaskan pun anda akan mengerti arti dari poin kedua ini. Yakni, seorang pemimpin haruslah memiliki emosi yang stabil dan mampu mengontrol diri, memberi pelayanan bahkan mampu memotivasi dalam kondisi apapun agar kesatuan dan keutuhan tim terjaga.

Dan juga poin kedua ini memiliki pengertian bahwa menjalin keluasan hubungan sosial pun mutlak dilakukan seorang pemimpin yang efektif agar terjalin sebuah keharmonisan dan melahirkan kenyamanan dalam bekerja. Dengan begitu, aktivitas produksi/manajemen pun akan semakin produktif dan tentunya meningkatkan kualitas pekerjaan bawahan anda.

3. Fleksibilitas

Saya katakan fleksibilitas ini selalu bertolak belakang dengan karakter dan idealisme seorang pemimpin. Terlebih bagi mereka yang memiliki karakter arogansi dan mau menang sendiri. Pertanyaannya, apakah anda akan mempertahankan idealisme anda ini ketika musim berganti? Sedangkan bawahan anda berada di musim yang berbeda. Perlu kecermatan dalam mengelola SDM yang berkualitas entah itu aspek psikis maupun materi.

Dan solusi peran pemimpin efektif disini adalah dengan bagaimana caranya menerapkan gaya kepemimpinan yang paling tepat berdasarkan analisa terhadap situasi yang sedang berlangsung.

4. Bijaksana

Bijaksana disini tentu saja dalam hal kebijakan serta sikap adil, tulus, dan obyektif dalam melihat sesuatu hal yang terjadi pada tim anda. Berilah kelonggaran yang rasional serta perhatian lebih kepada bawahan anda bahwa "mereka pun manusia sama seperti anda" yang ingin didengar dan diperhatikan dan tentunya dengan keterjaminan kenyamanan dalam bekerja dan kelangsungan hubungan antara anda yang menciptakan suasana harmonis.

5. Positif, Inisiatif, Optimis

Selalu berpikir positif dalam setiap kejadian dan Optimis adalah sumber kekuatan seorang manajer dalam menghadapi segala tantangan. Sehingga pemimpin selalu mampu melihat visi walaupun dalam keadaan apapun. Setelah itu diakhiri dengan melakukan inisiatif yang bersifat kreatifitas dalam mengambil keputusan.


Nah, cukup sederhana bukan?
Sekian dulu ya ulasan kali ini. Semoga bermanfaat.


SALAM SUKSES




EmoticonEmoticon