5 Kunci Utama Dalam Membangun Tim Yang Efektif

5 Kunci Utama Dalam Membangun Tim Yang Efektif

"Team work yang efektif akan menghasilkan produktivitas, kualitas dan loyalitas"

Seperti yang telah saya ulas dalam artikel sebelumnya bahwa Agar dapat membangun sebuah tim yang bagus dan baik, diperlukan lebih dari sekedar mengumpulkan orang orang yang tepat. Sebab, ujian utama dari leadership sebenarnya adalah menciptakan lingkungan di mana setiap individu mau bekerja secara kooperatif dan kolaboratif.

Karena Tim adalah perpaduan dua atau lebih orang yang memiliki Tujuan Bersama dan memiliki Saling Ketergantungan.  Hasil yang dicapai oleh Tim bergantung pada Kerjasama yang dilakukan pada sebagian besar waktu.

Pada pembahasan team buliding part 2 ini akan menjelaskan mengenai kunci/elemen yang akan memperbaiki efektivitas kinerja tim Anda. Dalam kata lain ini adalah pembahasan mengenai tim buliding secara "global" dan singkat padat.

Berikut ulasannya 5 Kunci Utama Dalam Membangun Tim Yang Efektif :

#Model Efektivitas Tim

1. Goals – Tujuan, adalah Apa yang dicita-citakan Tim bersama-sama
2. Roles – Peran, merupakan bagian masing-masing anggota Tim mencapai Tujuan Bersama
3. Procedures – Prosedur, Metode yang diterapkan untuk membantu Tim Bekerjasama
4. Relationships – Hubungan, ikatan masing-masing anggota yang saling akur satu dan lainnya
5. Leadership – Kepemimpinan, bagaimana pemimpin dapat mendukung pencapaian Tim
Tim yang efektif selalu Sadar (Awareness) dan Responsif (Responsive) terhadap lingkungan Internal dan lingkungan Eksternal mereka. 

Apakah Team Building itu..?

Team Building atau Pembentukan/Pembangunan/Aktualisasi Tim adalah:
  • Proses yang direncanakan dan disengaja
  • Keterlibatan Tim dalam Penilaian (Assessing) dan Pengambilan Tindakan (Taking Action)
  • Fokus dalam Pengembangan Kekuatan (Building Strengths) dan Mengurangi Kelemahan (Diminshing Weakness)

"Tim Kerja yang efektif akan memperbaiki Proses Kerja, dan produktivitas. Pentingnya Tim Kerja yang Efektif menjadi dasar pengembangan organisasi dan manajemen strategi yang baik"

Temukanlah peran Anda sendiri sebagai pemimpin efektif dan ingatlah Sebuah tim yang sukses dimulai dari tujuan dan struktur yang baik.

Jadikanlah ini sebagai sarana mewujudkan STRATEGI organisasi melalui pembelajaran identifikasi stakeholder, pemetaan nilai dan interest stakeholder, dan strategi berkomunikasi



Semoga bermanfaat


SALAM SUKSES

Referensi : ikhtisar.com


EmoticonEmoticon