4 Teknik Pengambilan Keputusan Yang Penting Bagi Manajer

Proses dalam pengambilan keputusan

Apa yang membuat seseorang menjadi manajer yang berhasil? Bakat bawaan (innate traits) atau keterampilan dari proses belajar (acquired skills)? 

Dalam berbagai teknik manajerial strategis yang sangat kompleks yang terpenting adalah bagaimana kebijakan dan pengambilan keputusan menghasilkan keuntungan baik itu keuntungan finansial maupun keuntungan virtual capital (Sumber daya manusia) modal maya yang merupakan strategi kunci dari keberhasilan suatu organisasi.

Ya, mengingat pentingnya suatu pengambilan keputusan untuk itu diperlukan pemahaman dasar yang akan menciptakan keputusan yang berkualitas dan bisa dipertanggung jawabkan. Lalu seperti apa teknik pengambilan keputusan itu? Berikut ulasannya :

1.  Daftar pilihan pro dan kontra

Tujuan dari mengambil sampel informasi pro dan kontra dari masalah yang ada adalah untuk mempermudah anda dalam mempertimbangkan aspek terkuat yang menyebabkan masalah maupun aspek terkuat yang dapat menyelesaikan masalah atau pun bisa untuk menganalisis resiko yang terlibat.

2. Belajar dari individu yang terlibat

Pengertian dari poin nomer 2 ini adalah, bagaimana anda bisa memperlajari dari kasus-kasus orang-orang yang pernah terlibat kasus serupa. Dengan cara melakukan interview personal yang berfokus kepada tema pendapat objektif seseorang/ yang tahu banyak tentang bidang / problem yang berkaitan dan anda bisa memprediksi hasil akhir yang berawal dari beragam ulangan kejadian dari masa lampau.

3. Berpikir tentang keuntungan jangka panjang.

Berorientasilah kepada kebijakan jangka panjang yang tentunya akan menguntungkan dan memperluas area pemikiran anda terkait masalah yang ada. Sehingga anda bisa membuat kebijakan jangka pendek yang tentunya tetap menghasilkan keputusan yang sama dan berkualitas.

4. Dapatkan semua data dan informasi yang terkait entah itu dari arsip, soft copy, dan berbagai sumber. Karena hal ini akan hal itu dapat merubah arah pemikiran anda.

Pada intinya pada proses teknik pengambilan keputusan bertujuan mencari variabel terbaik yang memiliki peluang keberhasilan tertinggi dan jadikanlah proses ini sebuah pembelajaran untuk tumbuh dan berkembang.

Sekian ulasan singkat ini. Semoga bermafaat ya.

SALAM SUKSES


EmoticonEmoticon