Contoh Teks Naskah Presentasi Yang Baik dan Benar



Kriteria presentasi efektif itu beragam. Tapi tak ada yang sesempurna ini. Setelah saya menemukan pidato dari Pak Anies ini dari situs TEDX. Saya seolah diberi kekuatan hebat dalam berkomunkasi di depan umum. Menurut saya isinya sangat baik dan setiap kalimat mengandung makna. Berikut isi presentasinya.

Salam Pembuka

Terimakasih Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat siang dan salam sejahtera untuk semua.

#Bagian Pembukaan

Pada kesempatan sore ini, terimakasih kepada… yang sudah mengundang saya untuk sharing tentang Indonesia mengajar. Jadi sebuah program yang bertujuan untuk mendorong usaha kita dalam mencerdaskan kehidupan Indonesia. Kita tahu di Indonesia bila kita berbicara soal pendidikan ada 1001 masalah dan buanyak sekali masalahnya.

#ISI BAGIAN

Tetapi bila kita perhatikan lebih jauh, siapa yang sebenarnya Senyatanya memiliki efek untuk memajukan pendidikan mencerdaskan anak-anak. Dibalik bicara soal system, undang-undang, seminar yang berderet, guru yang berdiri di depan kelas. Dia yang senyatanya mencerdaskan anak-anaknya. 

Begitu kita melihat guru, kita lihat di Indonesia, realitanya, distribusi guru tidak merata, kualitas guru rendah. Karenanya kita berusaha untuk mengirimkan anak-anak terbaik untuk menjadi guru. Tapi siapa yang mau menjadi guru sd di pelosok-pelosok Indonesia. Begitu ditanya kenapa tidak mau menjadi guru sd, karena menjadi guru, apalagi di pelosok seumur hidup itu membebani.

Tapi begitu kita berpikir agak berbeda menjadi guru cukup satu tahun maka situasinya berubah. Jadi kemudian kita merancang sebuah program mengirimkan anak-anak muda terbaik untukm menjadi guru di sd-sd di pelosok indonesia. Mengapa sd? Karena sd 66% kekurangan guru. SM dan SMA biasanya cukup. Itu tujuan pertama

Tujuan kedua adalah kita ingin agar anak-anak indonesia terbaik memiliki kesempatan untuk tinggal bersama rakyat dipelosok Indonesia yang tanpa listrik, tanpa sinyal telepon belum tentu ada running water. Pengalaman ini berada di desa-desa itu akan menempel pada dirinya seumur hidup. Dua trak, trak pertama mengisi kekurangan guru. Trak kedua mempersiapkan exelent future leaders.

Harapannya ketika kelak mereka menjadi pemimpin dikemudian hari. Mereka adalah anak-anak yang memiliki world class competen, tapi memilik great rood understanding.

#Bagian PENUTUP

Jadi teman-teman semua, bapak-ibu sekalian. Program ini bukan hanya soal mensuplai guru. Program ini adalah untuk menebarkan optimisme, mereka hadir disana agar menjadi inspirasi, menjadi contoh, menggandakan optimisme. 

Dan bagi kita yang diluar, kita ingin agar mereka mengabarkan potensi-potensi anak-anak Indonesia cerdas-cerdas yang di pelosok berada disana. Dengan cara seperti itu maka harapannya kita memajukan Indonesia.

Dan kita ingin agar mendidik tidak dipandang menjadi tugas sekolah, tugas pemerintah. Tapi mendidik mencerdaskan adalah tugas setiap orang yang terdidik. Siapa saja bisa menjadi guru, siapa saja bisa mendidik. Itu harapan kita lewat program ini. Demokian tentang Indonesia mengajar. Mudah-mudahan memberikan manfaat untuk semuanya. Terima kasih. Wassalualaikum WR. WB


Semoga bermanfaat.


Salam sukses


EmoticonEmoticon