Coba Ini 5 Tips Sukses Dalam Presentasi Kelas


Perlu anda ketahui mengalami grogi atau tidak percaya diri di depan umum adalah hal yang wajar. Bahkan sekelas pemimpin negeri pun merasakannya ketika berada di dahapan rakyatnya. Dan tahukah anda? Sesuai Hasil survey oleh The People’s Almanac Book terhadap 3.000 warga Amerika Mengenai hal yang paling ditakuti. 3 Hal yang paling menakutkan dari survey ini adalah :

1. Berbicara didepan kelompok (21%)
2. Ketinggian (17%)
3. Serangga dan hama ( 12%)

Dan kesimpulannya hal yang paling menakutkan bagi sebagian banyak orang adalah berbicara di depan umum lebih mengerikan daripada kematian. Mungkin Anda salah satunya bukan?


Ya, sebelum mengulas lebih jauh 5 Kiat Sukses Dalam Presentasi Kelas ada baiknya anda mengetahui apa pentingnya/keutamaannya jika kita mampu bicara di depan umum?
  • Memperluas jaringan pertemanan
  • Meningkatkan personal brand anda dan tentunya akan memudahkan langkah anda dalam berkarir.
  • Sebagai wujud manusia adalah makhluk sosial
  • Meningkatkan kemampuan komunikasi anda dan kepercayaan diri

Wah! Banyak sekali bukan keuntungan jika kita mampu berbicara di depan umum? Makadari itu sebagai manusia yang akan terus berkembang ada baiknya kita terus belajar serta mengupgrade diri menjadi lebih baik dari hari ke hari, bahkan agama pun mengajarkan demikian bukan?

Oke, langsung saja. berikut tips utamanya :


#5 Cara Agar PD Bicara di Depan Umum#



#Dalami tema tugas dari Dosen

Sebelum anda mengerjakannya ada baiknya perbanyak dulu referensi ya, lalu seleksi materi yang paling berbobot. Setelah itu agar mudah di ingat, lakukan teknik mindmap dengan cara menuliskan kerangka materi berdasarkan segmen sub tema. Dalam mendalami materi, lakukan sepenuh hati karena akan membantu kamu saat ada sesi tanya jawab di akhir sesi. 

#Hilangkan perasaan negatif

Hilangkan perasaan negatif dalam diri anda terlebih dahulu dengan cara memakai pakaian rapi dan afirmasikan bahwa "Anda adalah bintangnya dan sangat layak bicara di dahapan mereka"


#Berdiri tegak saat bicara di depan umum

Siapkan bahan materi yang akan di ulas hingga benar-benar matang dan anda kuasai. Mengapa demikian? Karena cara ini ampuh meningkatkan kepercayaan diri anda 70-90%. (Konsepkan dengan matang dengan cara membuat mindmap atau uraian lengkapnya di sebuah kertas)

#Fokuslah pada materi


#Lakukan Pernafasan

Tarik nafas dalam-dalam 7 kali. Dan hembuskan 7 kali sebelum anda berjalan menuju panggung. Dan bersikaplah tenang ya.


#Berlatih

Jangan pernah bosan untuk latihan. (Petinju sekelas Mike Tyson pun mengungkapkan bahwa "Jika ingin menjadi pemenang, kalahkan dirimu sendiri saat berlatih")


Cukup sederhana bukan? (segala sesuatu yang sempurna tidak harus rumit) Sekian dulu artikel dari saya ya. 

Semoga bermanfaat. SALAM SUKSES






EmoticonEmoticon