21 Film Inspirasi, Motivasi Bisnis Sepanjang Masa

Film Inspiratif Bisnis
21 Film Motivasi dan Inspirasi Terbaik Para Pebisnis SUKSES

Dilansir dari situs ayo sukses.com bahwa ada setidaknya 21 film yang layak kita tonton sebagai referensi untuk meningkatkan motivasi dan inspirasi kita dalam berbisnis.

Berikut 21 Film Motivasi dan Inspirasi Terbaik Para Pebisnis :

#1 : Jobs (2013) 

39 Film Inspiratif & Motivasional Dalam Dunia Bisnis yang Wajib Ditonton oleh Entrepreneur!
Film ini menceritakan tentang biografi dari Steve Jobs, yang merupakan sosok di balik kesuksesan Apple Inc. dan dengan berhasil diperankan oleh Ashton Kutcher.
Film ini menampilkan perjuangan Steve Jobs mulai dari membangun Apple sampai dia harus menerima kenyataan pahit karena di ‘tendang’ dari perusahaan yang dia bangun bersama temannya Steve Wozniak, walaupun pada akhirnya Steve Jobs kembali dibutuhkan oleh Apple.
Melalui film ini kita bisa dengan jelas merasakan jiwa entrepreneur yang dimiliki oleh Steve Jobs dan passion akan hal yang dia cintainya.
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 9 ! |
39 Film Untuk Inspirasi & Motivasi Bisnis yang Wajib Ditonton oleh EntrepreneurrrKiri : Steve Jobs & Kanan : Ashton Kutcher

#2 : The Social Network (2010)

39 Film Inspiratif & Motivasional Dalam Dunia Bisnis yang Wajib Ditontonn Entrepreneur!
The Social Network menceritakan bagaimana Mark Zuckerberg mendirikan Facebook yang dimulai setelah dia diputuskan oleh pacarnya lalu dia membuat situs Facemash, dimana cowok bisa menilai dan membandingkan seberapa cantik gadis-gadis dikampus dengan pilihan “hot or not”.
Namun karena Facemash ini Mark sampai harus dihukum dan diadili oleh komite kampus dengan tuduhan menembus keamanan kampus, melanggar privasi individu dan bahkan terancam dikeluarkan.
Singkat cerita , karena berita tentang Mark tersebar luas maka Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss bersaudara serta rekannya mencari Mark lalu menawarkan kerjasama untuk membangun Harvardconnection.com yang pada akhirnya membawa Mark pada ide membangun Facebook walaupun dalam perjalanannya Mark digugat oleh Winklevoss bersaudara dengan tuduhan mencuri ide mereka, bahkan pada akhirnya Mark dituntut oleh temannya sendiri yaitu Eduardo Saverin.
Hal yang menjadi bagian favorit saya pribadi adalah ketika Mark memutuskan untuk membangun Facebook , diperlihatkan dengan jelas bagaimana semangatnya ketika menyusun semua bagian untuk Facebook di kamar asramanya mulai dari struktur hingga melakukan coding bahkan saat dikampus dia tetap melakukan coding untuk menjadikan Facebook besar seperti sekarang ini.
 | Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 9 ! |
39 Film Inspiratif & Motivasional Dalam Dunia Bisnis yang Wajib Ditontonn Entrepreneuuur!

#3 : The Billionaire (2011)

the billionaire
The Billionaire merupakan film inspiratif bisnis tentang seorang anak muda asal Thailand bernama Top Ittipat yang sukses sebagai young entrepreneur dengan produk cemilan rumput laut miliknya yaitu Tao Kae Noi.
Top awalnya hanyalah pemuda biasa yang gemar bermain game online, tetapi dari hobinya itu ia mampu menghasilkan uang sebesar 400.000 Baht atau sekitar 150 juta rupiah. Namun penghasilan dari hobinya harus hilang ketika akunnya dibanned karena menyalahi aturan dalam game.
Beberapa bisnis ia coba jalani mulai dari berjualan pemutar dvd walaupun akhirnya ia harus mengalami kerugian karena yang Top jual adalah pemutar dvd bajakan sampai berjualan kacang yang sempat berkembang namun harus ditutup karena asap dari mesin pembuat kacangnya mengotori langit-langit di mall tempatnya berjualan.
Dalam film ini akan digambarkan semua perjuangan Top untuk bisa meraih kesuksesan, terlebih dia dapat melunasi hutang ayahnya sebesar 40 juta Baht atau sekitar 15 Milliar untuk menyelamatkan rumahnya agar tidak disita bank.
Menurut saya film ini menggambarkan secara baik bagaimana perjuangan yang sebenarnya harus dilakukan oleh setiap entrepreneur, banyak hal yang dikorbankan sebelum kita bisa meraih kesuksesan.
Hal yang dapat kita ambil dari film ini yaitu kita tidak boleh menyerah apapun yang terjadi, karena jika kita menyerah..
Selesailah sudah..
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 10 ! |
ayosukses film billionaire

#4 : Chef (2014)

chef 2014
Film inspiratif bisnis ini bercerita tentang seorang chef bernama Carl Casper yang bekerja di sebuah restoran.
Singkat cerita karena perbedaan pendapat dengan bosnya serta dia tidak terima dengan kritikan tajam dari food blogger terkenal yang mengomentari masakannya (walaupun akhirnya terungkap maksud dari food blogger itu hanya ingin membuat kontroversi yang akan meningkatkan penjualan di restoran tersebut), ia memutuskan untuk berhenti bekerja.
Kemudian setelah itu dia kembali ke Miami untuk memodifikasi truk yang dimilikinya untuk dijadikan food truck. Carl tidak sendiri dalam menjalankan bisnisnya melainkan ditemani oleh mantan istri, anak dan juga temannya.
Pada film ini kita diperlihatkan terhadap prespektif yang berbeda yaitu sebagai seorang owner bisnis food truck yang semakin populer karena anak Carl selalu aktif di media sosial di manapun mereka berada untuk mempromosikan food truck mereka.
 | Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 8 ! |
chef-post

#5 : Badmaash Company (2010)

badmaashcompany
Film asal India ini menceritakan tentang 4 sekawan yang ingin cepat kaya dan pada akhirnya memulai bisnis sepatu dan kemudian bisnis sarung tangan.
Akan tetapi karena bisnis yang dijalankan hanya ‘money oriented’ atau dengan kata lain mereka hanya ingin menginginkan kekayaan dengan ‘cara instan’ maka bisnis yang dijalankannya penuh dengan kecurangan-kecurangan bahkan diantara mereka.
Bisnis yang mereka bangun sempat bubar karena adanya konflik keluarga dan masalah pribadi masing-masing, tetapi akhirnya mereka dapat berkumpul kembali dengan menjalankan bisnis pakaian yang sangat unik.
Film ini mengajarkan kepada kita,
Tidak ada yang instan dalam mencapai kesuksesan!
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 7 ! |
badmaash-company-wallpaper

#6 : Merry Riana – Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Merry-Riana-Mimpi-Sejuta-Dolar-2014
Film Mimpi Sejuta Dolar ini menceritakan kisah tentang Merry Riana yang  sejak lulus SMA harus mengungsi ke Singapura karena konflik besar-besaran yang terjadi di Indonesia.
Singkat cerita setelah tiba di Singapura seorang diri dan hanya memiliki uang untuk bisa makan selama 5 hari, Merry menghubungi temannya yang memang akan kuliah di sana.
Masalahpun semakin bertambah ketika Merry ketahuan menyelinap tinggal di asrama temannya dan dengan terpaksa Merry mengikuti ujian untuk masuk perguruan tinggi.
Namun setelah lulus ujian seleksi, Merry tetap harus membayar $40,000 untuk biaya kuliahnya ..
Satu-satunya kesempatan yang ia miliki adalah mengambil student loan yang hanya bisa didapatkan jika Merry memiliki penjamin. Tetapi karena tidak memiliki kerabat di Singapura, Merry akhirnya bertemu Alva yang merupakan senior di kampus tersebut. Pada akhirnya Alva menyetujui untuk menjadi penjamin Merry dengan syarat Merry harus memiliki pekerjaan sampingan.
Berbagai pekerjaan dilakukan Merry demi mendapatkan penghasilan tambahan, mulai dari membagi-bagikan brosur, bisnis online hingga bisnis saham dengan resiko yang tinggi.
Banyak permasalahan yang ada dalam film ini.. mulai dari beratnya sebuah perjuangan , kisah cinta, kekeluargaan dan persahabatanpun ada dalam film ini.
Bangga dengan film Indonesia!
Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 9 ! |
merryriana8

#7 : The Pursuit of Happiness (2007)

the-pursuit-of-happyness
The Pursuit of Happiness merupakan film yang sangat terkenal, bahkan mungkin anda sudah mengetahui tentang Film inspiratif bisnis yang satu ini.
Film ini menceritakan tentang Chris Gardner yang merupakan pialang saham yang sukses.
Tetapi sebelum mencapainya, dia adalah seorang salesman yang menggunakan seluruh tabungannya untuk membeli mesin scanner tulang portable.
Setelah semua mesin scanner telah dibeli, sangat sulit untuk menjual produk tersebut karena harganya yang mahal.
Bahkan karena kesulitan ekonomi dan berbagai konflik yang terjadi , Chris dan anaknya ditinggalkan oleh istrinya..
Chris sempat ikut magang untuk menjadi pialang saham karena melihat orang-orang yang datang dan keluar dari gedung pialang saham tersebut sangat bahagia. Namun karena belum memiliki penghasilan selama mengikuti magang, Chris bahkan harus tidur di toilet stasiun bersama anaknya.
Dengan semua masalah yang dihadapinya, Chris tidak pernah menyerah dan anaknya menjadi salah satu penyemangatnya. Akhirnya dengan kemampuan komunikasi yang sangat baik yang dimiliki oleh Chris dan kemauan untuk terus belajar,
Chris berhasil menjadi pialang saham yang sukses bahkan dia mendirikan perusahaan pialang sahamnya sendiri.
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 9 ! |
 135256__happy_l

#8 : Office Space (1999)

office-space
Film inspiratif bisnis yang satu ini menggambarkan tentang kehidupan pria yang bekerja di perusahaan software komputer bernama Peter (diperankan oleh Ron Livingston).
Diceritakan bahwa Steve merasa tidak bahagia dan menderita menjalani kehidupannya dikantor. Dalam film ini digambarkan bagaimana kehidupan sehari-hari para pekerja kantoran seperti boss yang suka seenaknya, saat-saat membosankan ketika melakukan rutinitas pekerjaan yang sama setiap hari, kabur sebelum jam kerja selesai dan harus berurusan dengan auditor.
Ron Livingston sangat berhasil memerankan peran sebagai Steve dengan tampil sebagai pekerja kantor yang sangat menderita dan pada akhirnya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya.
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 6 ! |
office_space_still6

#9 : The Words (2012)

the-words-movie-poster
The Words berkisah tentang Rory Jansen (diperankan oleh Bradley Cooper) yang merupakan seorang penulis muda yang bercita-cita untuk hidup sukses di kota New York dengan pacarnya. Berkat bantuan ayahnya Rory mencoba untuk menjual novel pertamanya, yang berulang kali ditolak oleh penerbit.
Setelah menikah , Rory bersama istrinya berbulan madu di Paris.
Semua berawal ketika Rory mendapatkan tas tua di tempat penjualan barang-barang antik yang berisi manuskrip . Pada akhirnya Rory mengetik ulang naskah tersebut kedalam laptopnya.
Singkat cerita setelah mendapatkan kontrak, buku dari manuskrip tas tua tersebut laris dipasaran dan Rory menjadi terkenal.
Sampai pada akhirnya Rory bertemu seorang pria tua (Jeremy Irons) yang mengaku sebagai pemilik naskah yang ia temukan, naskah itu berdasarkan kisah hidup dan pernikahannya saat Perang Dunia II di Paris.
Rory kemudian merasa gelisah sehingga ingin mengungkapkan semua itu pada publik, tetapi ia tau hal tersebut akan merusak reputasi perusahaan. Sebagai gantinya Rory ingin berbagi keuntungan dengan pria tua itu namun ditolak, pria tua itu mengatakan kalau Rory mengambil keuntungan dari kehidupan masa lalunya yang menyakitkan.
Menurut saya pribadi film ini sedikit membingungkan karena dibagi menjadi 3 segmen, mulai dari kisah hidup Rory, kehidupan pria tua itu dan kisah yang diceritakan oleh seorang penulis yang membuat kisah tersebut.
Tapi pada intinya, film ini mengajarkan kepada kita untuk tidak melakukan plagiat atau melakukan tindakan pembajakan lainnya terhadap karya orang lain dan kita harus menguasai betul apapun pekerjaan yang kita jalani tentunya berlaku juga dalam dunia bisnis teman-teman!
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 6 ! |
the-words-movie_26

#10 :  The Startup Kids (2013)

The_Startup_Kids
Film ini merupakan film dokumenter yang mengeksplorasi para pendiri startup di Amerika dan Eropa. Film The Startup Kids berisi tentang kumpulan hasil wawancara dari para founder maupun CEO startup termuka di industri internet seperti pendiri Dropbox, Kiip, SoundCloud, Vimeo dan masih banyak lagi.
Melalui film dokumenter ini,  mereka akan berbagi cerita mengenai pengalaman mereka dari titik awal memulai sebuah startup hingga cerita kehidupan mereka setelah sukses.
Tidak hanya founder & CEO Startup melainkan orang-orang disekitar lingkungan dunia Startup pun akan menceritakan pengalamannya seperti investor Tim Draper dan juga blogger teknologi di Techcrunch.
Dengan menonton film ini kita bisa melihat bahwa umur bukanlah menjadi penentu kesuksesan seseorang, karena dengan jelas bisa kita lihat para founder memulai dan bahkan sukses pada usia mudanya!
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 10 ! |
maxresdropbox

#11 : The Wolf of Wall Street (2013)

ayosukses
The Wolf of Wall Street merupakan film yang diangkat dari kisah nyata yaitu dari seorang pialang saham Amerika bernama Jordan Belfort yang pada akhirnya harus mendekam di penjara selama 1 tahun 10 bulan.
Kisahnya berawal ketika Jordan mulai bekerja di Wall Street sebagai broker pemula dan bertemu dengan bosnya yang kemudian memperkenalkannya pada gaya hidup yang ‘rusak’ untuk bertahan hidup di tengah-tengah rutinitas dalam Wall Street yang dapat membuatnya menjadi gila.
Singkat cerita setelah menjadi broker berlisensi pada tanggal 19 Oktober 1987 , Jordan dengan sangat sialnya harus kehilangan pekerjaannya sebagai broker berlisensi di hari pertama karena terjadi ‘Black Monday’ di mana harga saham anjlok drastis.
Jordan kemudian menemukan pekerjaan sebagai broker di Long Island yaitu Investor Center, sebuah kantor saham di pusat perbelanjaan kecil. Jordan sangat terkejut ketika mengetahui  Investor Center hanya merupakan kantor kecil dengan broker amatiran dan menjual saham dengan harga yang kecil. Tetapi Jordan mampu berkerja dengan profesional sehingga sukses dengan pekerjaan barunya.
Waktu terus berlalu, Jordan pun menjadi orang kaya dan bertemu Donnie Azoff yang pada akhirnya memutuskan membuat perusahaan brokernya sendiri.
Disinilah cerita sesungguhnya dimulai, dimana ketamakan, nafsu dan cara-cara licik lainnya semakin merasuki Jordan. Hingga pada akhirnya ia harus mendekam dipenjara.
Hal yang bisa kita pelajari dari film ini adalah ketika kita melakukan sesuatu hanya dilandasi keinginan untuk mendapatkan uang, uang dan uang..
Kita tidak akan pernah merasa cukup dan akan menghalalkan segala cara!
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 7 ! |
Leonardo-DiCaprio-and-Jonah-Hill-in-The-Wolf-of-Wall-Street-2013

#12 : 3 Idiots

3-idiots-thumb
3 Idiots adalah film Bollywood yang menceritakan tentang 3 mahasiswa jurusan teknik mesin di salah satu kampus paling favorit dan mereka sering bertingkah konyol.
Mereka adalah Farhan , Raju dan Rancho . Rancho adalah yang paling menonjol diantara kedua temannya karena dia adalah seorang mahasiswa yang jenius dan selalu mengaplikasikan ilmu yang telah dia dapat sewaktu kuliah.
Rancho bahkan berkatan bahwa kampusnya hanya menghasilkan insinyur-insinyur yang hanya pintar bicara, tidak ada topik mengenai penemuan baru , tidak ada penemuan baru yang dihasilkan tiap tahun dan metode pengajarannya hanya membuat mahasiswanya mendapatkan nilai yang bagus , namun belum tentu bisa mengaplikasikan ilmunya tersebut. Bahkan hanya menghasilkan lulusan yang nantinya bekerja pada perusahaan asing dengan gaji besar, tetapi tidak memajukan bangsanya sendiri.
Hmmm…
Does any of this sound familiar?
Ya, hal seperti itu sangat familiar di negara kita ini.
Film ini mengajarkan kepada kita bagaimana pandangan yang benar terhadap pendidikan, dimana selama ini sebagian besar sistem pendidikan menjadikan kita sebagai ‘ensiklopedia berjalan’ karena hanya menghafalkan fakta-fakta yang tidak kita butuhkan. Apa gunanya kita mengetahui tanggal-tanggal penting dalam sejarah yang bisa dengan mudah kita temukan di ensiklopedia atau bahkan tinggal kita cari di Google.
Untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan?
Untuk lebih mencintai negara?
Tidak seperti itu!
Jika memang kita mencintai negara dan menghargai jasa-jasa pahlawan maka kita harus mengubah negara ini menjadi lebih baik dengan tindakan nyata yang bisa kita lakukan, bukan dengan menghafalkan tanggal-tanggal kejadian yang sudah sangat lama terjadi.
Sistem pendidikan seharusnya dibuat sebagai sarana melatih pikiran kita untuk berpikir, bagaimana caranya menyelesaikan masalah dan menemukan solusi!
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 9 ! |
3_idiots_screen_3_720

#13 : Door to Door (2002)

images
Film ini merupakan film sederhana yang diambil dari kisah nyata. Berkisah tentang seorang yang menderita cacat tulang belakang dan kelumpuhan otak yang mengakibatkan tubuhnya tidak dapat bergerak normal dan mengalami gangguan syaraf yang dialaminya sejak kecil namun dia selalu mendapatkan dukungan yang kuat dari ibunda tercinta.
Dia adalah Billy Porter, diceritakan Billy mengelilingi kota untuk mencari pekerjaan. Banyak perusahaan yang menolaknya sampai Billy tiba pada perusahaan ‘Watskin Company’ dan bersikeras untuk melakukan pekerjaan apapun yang diberikan.
Lalu dia bekerja sebagai seorang salesman , pekerjaan barunya itu mengharuskan Billy untuk berjalan dari rumah ke rumah untuk menawarkan produk melalui brosur.
Walaupun dengan kondisinya yang serba terbatas, dan seringkali mendapatkan perlakuan yang tidak pantas dari orang-orang sekitar, Billy tidak pernah menyerah.
Bahkan dia sampai harus menderita penyempitan tulang belakang akibat sering mengantarkan barang-barang pesanan. Beruntung dia masih bisa berjalan dibantu dengan tulang penyangga selama 2 minggu.
Singkat cerita pada 1989 karena kerja keras Bill, ia mendapat penghargaan sebagai penjual terbaik dengan total penjualan $48.460 dan ia diangkat menjadi konsultan pemasaran.
Film ini mengajarkan kepada kita satu-satunya halangan yang kita miliki untuk mencapai kesuksesan adalah diri kita sendiri, maka dari itu buang semua pemikiran-pemikiran bahwa kita tidak bisa karena Tuhan sudah mengaruniakan semua yang kita butuhkan untuk bisa sukses hanya terkadang kita saja yang menutupnya dengan pikiran-pikiran negatif dan pesimis.
Kita juga jangan gampang menyerah dan jangan bergantung pada orang lain!
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 9 ! |
ayosuksescom

#14 : Forrest Gump (1994)

thumb_movie-forrest-gump.233x330_q95_box-0,0,333,494
Film ini diangkat berdasarkan novel tahun 1986 karya Winston Groom.
Film inspiratif bisnis ini menceritakan tentang seorang pria yang sejak kecil sering diejek dan dijauhi oleh teman-temannya karena kecerdasannya yang dibawah rata-rata dan keterbatasan fisiknya. Tetapi Gump tetap rendah hari dan menurut kepada orang tua. Gump juga memiliki seorang teman perempuan yang baik kepadanya bernama Jenny.
Berbagai pengalaman hidup yang dialami oleh Gump sampai pada akhirnya dikisahkan Gump memiliki pabrik udang dan menikahi Jenny setelah sekian lama berusaha untuk menjadi sukses.
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 7 ! |
Forrest Gump-4

#15 : Comme.Un – The Chef (2012)

comme-un-chef
Film ini berkisah tentang seorang koki sekaligus seorang ayah bernama Jacky Bonnot yang berjuang untuk mencari pekerjaan dari restoran kecil ke restoran kecil lainnya untuk bisa menghidupi istrinya yang sedang mengandung.
Namun, walaupun dia selalu berusaha menyajikan makanan-makanan yang berkualitas masakannya tidak diterima baik oleh para pelanggannya yang berasal dari kalangan kelas bawah Perancis yang membuatnya harus dipecat berkali-kali.
Singkat cerita, setelah terjadi konflik dengan istrinya, Jacky membuktikan bahwa jika dia berkerja sesuai dengan passionnya maka hasilnya akan maksimal.
Akhirnya setelah melewati banyak hal, Jacky berhasil membuka restorannya sendiri dan menjadi kepala koki di restorannya sendiri.
Pelajaran yang bisa kita ambil dari film ini adalah,
Apapun yang kita kerjakan, pastikan itu adalah hal yang kita cintai…
Karena kita akan mengerahkan semua kemampuan kita dan kita tidak akan pernah jenuh melakukan sesuatu yang kita cintai!
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 9 ! |
1344947137_9

#16 : Pirates of Silicon Valley (1999)

BFF_piratesofsiliconvalley
Pirates of Silicon Valley merupakan film yang diangkat dari kisah nyata berdasarkan pengalaman hidup dari Steve Jobs dan Bill Gates, film ini menceritakan tentang persaingan antar Steve Jobs yang adalah pendiri dari Apple Computer Inc. yang terkenal sedangkan Bill Gates adalah pendiri Microsoft.
Dalam film ini diceritakan bagaimana Steve dan Bill memulai semuanya dari bawah. Kita dapat melihat bagaimana perjuangan dan kejeniusan mereka.
Sebenarnya, kedua tubu tersebut memajukan perusahaan mereka dengan menggunakan hasil karya orang lain.
Pada Apple.. kejayaannya dimulai ketika kelompok Steve Jobs berhasil menciptakan komputer yang memiliki grafis menarik dengan menggunakan mouse sebagai penunjuk.
Ide penggunaan mouse dan grafis tersebut mereka curi atau bajak dari Xerox ketika pihak Xerox mengijinkan Steve Jobs melihat hasil karya dari Xerox, tetapi Steve Jobs sama sekali tidak malu mengakui kalau dia telah melakukan pembajakan dari Xerox. Justru dia bangga dan menjadikan pencurian sebagai motto perusahaannya… Good artist copy, great artists steal!
Pada Microsoft.. sebenarnya pada saat Apple sudah besar dan sukses, Microsoft masih perusahaan kecil namun  produk dasar mereka cukup menarik bagi IBM dan suatu saat Bill Gates bertemu dengan petinggi IBM.
Dan disinilah hebatnya Bill Gates yang bisa meyakinkan IBM bahwa mereka memiliki produk yang dibutuhkan IBM padahal Bill Gates tidak mempunyai ide atau mempersiapkan apapun ketika berangkat ke pertemuan pada pihak petinggi IBM.
Karena kepepet dan kebingungan , pada saat Allen mengunjungi sebuah software house kecil, dia melihat program XDOS dan Allen pun membeli XDOS beserta lisensinya. Program tersebutlah yang akhirnya dijual kembali oleh Bill Gates kepada IBM.
Singkat cerita, Apple selalu selangkah lebih maju dibandingkan Microsoft. Hal tersebut membuat Bill Gates penasaran dan datang menemui Jobs. Entah rayuan apa yang digunakan Bill Gates sehingga Steve Jobs mau menunjukkan prototype yang sedang dikembangkan Apple, dan hebatnya lagi Steve Jobs bahkan memberikan Bill Gates 1 buah prototype karena Bill Gates berjanji akan berkerja sama dan mengembangkannya.
Beberapa lama kemudian Steve Jobs mendapat kabar bahwa di Jepang sudah beredar komputer dengan program yang mirip dengan produk Apple itu. Program tersebut adalah Microsoft Windows dan ketika Jobs melabrak Bill Gates dengan penuh emosi, Bill Gates berkata : ” Hey, semua mobil kan ada stirnya.. tapi pencipta stir ngga protes tuh!!”.
Film ini mengajarkan kita bahwa terkadang dalam persaingan yang kita harus lakukan adalah teknik ATM (Amati , Tiru , Modifikasi) , be creative guys!
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 10 ! |
 pirates-of-silicon-valley-tnt

#17 : Pay it Forward (2000)

Pay-It-Forward
Film inspiratif bisnis ini berkisah tentang seorang anak bernama Trevor yang mendapatkan tugas dari gurunya yang berusaha untuk merubah dunia dengan ide ” Pay it Forward”.
Idenya adalah berbuat baik kepada orang yang sedang sangat membutuhkan entah itu orang yang kita kenal maupun tidak dan setelah itu orang tersebut harus berbuat baik lagi ke tiga orang lain agar kebaikan semakin menyebar.
Film ini berfokus pada usaha bocah tersebut yang bernama Trevor yang optimis dengan ide ” Pay it Forward ” dan pada akhirnya Trevor merasa kalau ide tersebut juga sangat cocok untuk mengobati ibunya yang alkoholik. Trevor yakin kebaikan itu akan selalu berdaur ulang di kehidupan manusia, asalkan setiap manusia mau dan berniat melakukan kebaikan tulus pada setiap orang. Sayangnya, Trevor harus berkorban demi misinya ini..
Film ini mengajarkan kepada kita, dengan berbuat baik kita akan mengalami banyak keajaiban dala hidup kita,
Begitu juga dalam menjalankan bisnis..
Dengan passion dan semangat untuk membantu orang melalui bisnis yang kita jalani, kita akan lebih cepat berkembang dari sebelumnya dengan semangat kebaikan tersebut!
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 6 ! |
00197ac5_medium

#18 : Slumdog Millionaire (2006)

sdm
Film ini bercerita tentang kisah Jamal Malik , dia adalah seorang anak jalanan dari India yang mendadak jadi kaya setelah memenangkan kuis Who Wants to Be a Millionaire versi negaranya.
Hal yang membuatnya menang adalah karena banyaknya pengalaman pahit dan licik yang dialaminya semasa kecil yang berhubungan dengan pertanyaan – pertanyaan yang diberikan kepadanya  dan hal tersebut juga ikut mengubah pandangannya terhadap dunia.
Jamal bahkan sampai disiksa dan diinterogasi oleh inspektur polisi karena dianggap curang.
Pada awal film ini, ketika judul ditayangkan juga terdapat tulisan “Jamal menyisakan pertanyaan terakhir, bagaimana dia melakukannya? a) dia curang b) dia beruntung c) dia jenius d) sudah ditakdirkan. Dimana pada akhir film ini anda akan mengetahui sendiri jawabannya.
Film ini menggambarkan bagaimana cara kita memandang orang yang telah sukses sama seperti Teori Gunung Es (Iceberg) dimana kita hanya melihat bagian-bagian sukses dari orang tersebut dan mulai menyalahkan kehidupan karena tidak adil .
Kita tidak menyadari dan tidak pernah merasakan perjuangan, penderitaan, dan pengorbanan yang harus di bayar oleh seseorang untuk bisa mencapai kesuksesannya!
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 7 ! |
L-R: Ayush Mahesh Khedekar and Azharuddin Mohammed Ismail. Photo Credit: Ishika Mohan

 

#19 : Crocodile in The Yangtze (2012)

Crocodile-in-the-Yangtze
Siapa yang tidak kenal Jack Ma? dia adalah pendiri dari Alibaba Group yang merupakan peruhaan e-commerce terbesar di Tiongkok dan dia merupakan warga China Daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdeftar sebagai billionaire dunia.
Film Crocodile in The Yangtze adalah film bergaya dokumenter yang berkisah tentang kehidupan Jack Ma, dari seorang guru matematika menjadi milyuner Tiongkok berkat mendirikan Alibaba.com
Sang produser, Porter Erisma adalah mantan Vice President Alibaba antara tahun 2000 sampai 2008.
Film ini juga menceritakan bagaimana Jack mendirikan Alibaba untuk melawan eBay di China dan upayanya membangun sebuah raksasa internet di tanah kelahirannya!
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 10 ! |
QQ图片20150104132813

#20 : Band Baaja Baaraat (2010)

Band_Baaja_Baaraat_poster
Film inspiratif bisnis ini menceritakan tentang dua anak muda bernama Shruti dan Bittoo yang baru saja lulus dari perguruan tinggi Hans Raj di Universitas Delhi.
Keduanya berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda.
Shruti dari keluarga kelas menengah dan begitu termotivasi, ambisus dan fokus. Sedangkan Bittoo adalah seorang yang pemalas dan gemar bersenang-senang dengan teman-temannya.
Mereka akhirnya bertemu dan memutuskan untuk memulai usaha bersama sebagai perencana pernikahan (Wedding Organizer). Namun mereka mensyaratkan , tidak boleh mencampur adukkan hubungan bisnis dengan kesenangan pribadi.
Shruti dan Bitto menghadapi naik turunnya kehidupan bisnis sebagai seorang wedding organizer, hal ini menguji persahabatan mereka yang akhirnya membuat mereka saling jatuh cinta.
Film ini wajib ditonton untuk anda yang berminat untuk menjalankan bisnis Wedding Organizer untuk mendapatkan inspirasi!
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 8 ! |
maxresdefault

#21 : Citizen Kane (1941)

citizenkane
Film inspiratif bisnis ini berkisah tentang kehidupan Charles Foster Kane, seorang taipan koran yang didasarkan pada kehidupan William Randolph Hearst dalam mencari keberuntungan dan kekuasaan.
Setelah Kane mengalami berbagai pengalaman dan jatuh bangun dalam kehidupan , akhirnya ia memahami apa yang benar-benar penting dalam hidupnya.
Film ini sangat kompleks dan wajib kita tonton karena mengajarkan kepada kita kalau membangun bisnis yang sukses bukan satu-satunya tujuan dalam kehidupan!
| Dari skala 1-10.. Menurut Ayosukses.com, nilainya adalah 8 ! |
citizen-kane-6
Nah teman-teman itulah film inspiratif bisnis yang semoga menjadi penyemangat kita untuk berkerja lebih giat lagi, menurut teman-teman film apalagi yang bisa memotivasi dan memberikan inspirasi untuk kita? Ayo diskusikan dihalaman komentar! *
*dan satu lagi, kalau menurut teman-teman penilaian Ayosukses.com untuk setiap film kurang cocok, coba deh kasi tau berapa sih nilai yang cocok untuk masing-masing film diatas?


EmoticonEmoticon