Metode Yang Tepat Dalam Meningkatkan Soft Skill

Metode Yang Tepat Dalam Meningkatkan Soft Skill 

Galuh Setia Winayu, Supervisor Training & Counseling ECC UGM mengungkapkan, bahwa soft skill hendaknya dilatih dengan cara yang bertahap sejak dini, agar kelak ketika menghadapi dunia kerja mereka telah memiliki bekal yang cukup untuk kesuksesan perjalanan karirnya.

Sama halnya dengan apa yang diungkapkan oleh Galuh, Daniel Christiananda, HR Recruitment and Training PT Gameloft Indonesia, juga menjelaskan, bahwa kemampuan soft skill lebih baik dilatih dengan melalui hal-hal yang sangatlah sederhana. Dan itu akan lebih memudahkan seseorang mendapatkan soft skill.

Lalu seperti apa metode yang tepat dalam meningkatkan soft skill itu?

Banyak di antara kita tahu bahwa sostskill seseorang di tentukan dengan tolak ukur seseorang itu dalam mengembangkan sofskillnya. Kalau menurut saya sofskill adalah suatu bakat yang dimiliki seseorang sejak lahir, bakat itu sendiri bisa dikategori seperti hobby yang mengantar bakatnya menjadi suatu hal yang luar biasa, bisa dicontohkan seperti bakat bermain gitar, sepak bola,menyanyi dan lain sebagainya.

Namun disini saya juga ingin memberi tahu bahwa softskill itu sendiri tidak akan berjalan sempurna apabila tidak di iringi dengan Hard Skill, begitu pun sebaliknya.Softskill itu sendiri akan nampak apabila seseorang telah menemukan jati dirinya. Namun ada juga yang tidak akan mendapatkan softskill dari dirinya sendiri apabila dia tidak ada keinginan untuk berubah yang besar dalam hidupnya dari pola hidup yang buruk ke pola hidup yang lebih baik dari sebelumnya.

Karena Soft skill itu sendiri akan lahir apabila seseorang memiliki motivasi yang besar untuk berubah lebih baik dari sebelumnya. Softskill sendiri sangat berkaitan dengan suatu ketrampilan yang harus seimbang. Contohnya seorang beladiri tidak hanya melatih skillnya namun dia juga harus melatih mental dan pikiran, lalu semua itu disatukan baru bisa mendapatkan kesempurnaan dalam berlatih.Istilah ketrampilan softskill ialah istilah yang mengacu pada kepribadian seseorang yang di asah dari dalam lalu di lengkapi pula dengan keterampilan Hard Skill.

Softskill adalah suatu kemampuan atau keterampilan dari diri seseorang dalam berhubungan dengan orang lain ( termasuk dengan dirinya sendiri ).Sehingga softskill itu mempunyai atribut, dengan demikian meliputi nilai yang dianut, motivasi, perilaku, karakter, kebiasaan, dan sikap. Atribut atribut ini dimiliki oleh setiap orang yang tentunya tidak sama satu dengan yang lainnya, yang biasanya juga dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :

1. Kebiasaan
2. Berfikir
3. Berkata
4. Bersikap
5. Bertindak



Ke 5 hal diatas itulah yang akan menunjukkan kebenaran dalam setiap pengembangan soft skill Anda kedepan. Dan hanya kepercayaan diri yang menjadi dasar semua itu ^^.  Selamat mencoba!


Semoga bermanfaat

SALAM SUKSES


EmoticonEmoticon