Contoh Implementasi Activity Network Planning Proyek


Contoh Implementasi Activity Network Planning Proyek
Contoh Implementasi Activity Network Planning Proyek

Perencanaan membuat activity network planning diperlukan kecermatan dalam membaca situasi dan jenis pekerjaan yang sederhana sampai tingkat kompleksitas yang tinggi. Perlu setidaknya intuisi seorang praktisi proyek yang bisa memperkirakan lamanya jam kerja hingga target proyek. 

Berikut contoh daftar item pekerjaan pasangan pondasi batu kali dengan target total waktu pelaksanaan adalah 8 hari kerja

NO
JENIS PEKERJAAN
DURASI WAKTU
A
Persiapan
6 hari
B
Galian tanah
2 hari
C
Lantai kerja
2 hari
D
Pasir urug
1 hari
E
Pasangan batu kali
3 hari
F
Urugan tanah kembali
0 hari


Jika kita jumlahkan total durasi waktu adalah 15 hari padahal targetnya hanya 8 hari, disinilah kita memerlukan pembuatan network planning untuk mengatur perletakan jadwal yang bagus.

Dari tabel rincian pekerjaan dan durasi waktu tersebut maka dapat kita pikirkan bagaimana urutan kegiatan pasangan pondasi batu kali akan kita lakukan, pada bagian mana pekerjaan yang harus selesai sebelum dapat mengerjakan kegiatan lain, dan pada item pekerjaan mana yang waktu pelaksanaanya tidak mempengaruhi kegiatan lain, secara umum dapat kita tuliskan bayangan urutan kerja sebagai berikut

pekerjaan persiapan dilakukan diawal pekerjaan sampai berkakhirnya kegiatan.
Galian tanah harus selesai sebelum dapat melakukan pekerjaan pembuatan lantai kerja.
Setelah membuat lantai kerja lalu dilanjutkan pekerjaan pasir urug dan pasangan batu kali.
Urugan tanah kembali baru bisa dilakukan setelah kegiatan pemasangan selesai.

Dari data dan logika berpikir tersebut maka dapat kita tuangkan kedalam sebuah diagram network planning agar fikiran kita dapat mengerti orang lain sekaligus sebagai pedoman dalam penentuan jadwal pelaksanaan setiap item pekerjaan sehingga secara global pekerjaan dapat selesai dalam waktu yang direncanakan.

Jadi cara membuat network planning adalah seperti gambar berikut
network planning



Jenis pekerjaan yang dibuat detail rincian item pekerjaan, contohnya jika kita akan membuat network planning pondasi batu kali maka apabila dirinci ada pekerjaan galian tanah, pasangan pondasi batu kali kemudian urugan tanah kembali.

Durasi waktu masing-masing pekerjaan, dapat ditentukan berdasarkan pengalaman atau menggunakan rumus analisa bangunan yang sudah ada.

Jumlah total waktu pelaksanaan pekerjaan.
Metode pelaksanaan konstruksi sehingga dapat diketahui urutan pekerjaan.

Selain network planning kita kenal juga jenis jadwal lain yang digunakan dalam melaksanakan proyek seperti kurva S, Bar chart, schedule harian mingguan bulanan dll.




Semoga bermanfaat

SALAM SUKSES


rujukan :
http://nuarylutfi12.blogspot.co.id/2013/12/network-planning-network-planning.html


EmoticonEmoticon