6 Langkah Dasar PERT dan CPM Dalam Proyek

6 Langkah Dasar PERT dan CPM Dalam Proyek
6 Langkah Dasar PERT dan CPM Dalam Proyek
Metode PERT/Biaya dapat diterapkan untuk mencapai tujuan pengendalian biaya. Adapun tujuan akhir dari PERT/Biaya adalah untuk memberikan informasi yang dapat digunakan untuk mempertahankan biaya proyek dalam anggaran tertentu. Informasi ini berupa status suatu kegiatan apakah overrun atau underrun. Dengan informasi ini dapat ditetapkan suatu aksi korektif terhadap kegiatan dalam rangka mempertahankan biaya proyek. 

Rangka Pikiran PERT dan CPM PERT dan CPM keduanya mengikuti enam langkah dasar: 

1. Mengidentifkasikan proyek dan menyiapkan struktur pecahan kerja, 

2. Membangun hubungan antara kegiatan, memutuskan kegiatan mana yang harus terlebih dahulu dan mana yang mengikuti yang lain, 

3. Menggambarkan jaringan yang menghubungkan keseluruhan kegiatan, 

4. Menetapkan perkiraan waktu dan/atau biaya untuk tiap kegiatan, 

5. Menghitung jalur waktu terpanjang melalui jaringan. Ini yang disebut jalur kritis, 

6. Menggunakan jaringan untuk membantu perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian proyek. Langkah ke-5, menetukan jalur kritis, adalah bagian utama dalam pengendalian proyek. Kegiatan pada jalur kritis mewakili tugas yang akan menunda keseluruhan proyek, kecuali bila mereka dapat diselesaikan tepat waktu.
 
Manajer mempunyai keleluasaan untuk menghitung tugas penting dengan mengidentifikasi kegiatan yang kurang penting dan melakukan perencanaan ulang, penjadwalan ulang, dan pengalokasian ulang sumber daya manusia dan uang.


Semoga bermanfaat

SALAM SUKSES


Rujukan :



EmoticonEmoticon