Apa tugas PPIC? Apa definisi dari PPIC? Ini Jawabannya!

Apa sih PPIC itu? Apa tugas PPIC? Apa definisi dari PPIC? - Bagi anda yang akan baru terjun kedalam dunia kerja ataupun bidang ini mungkin akan bertanya-tanya mengenai defnisi dan tugas PPIC. 

PPIC atau Production Planning and Inventory Control yaitu suatu departement dalam suatu organisasi perusahaan yang berfungsi merencanakan dan mengendalikan rangkaian proses produksi agar berjalan sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan serta mengendalikan jumlah inventory agar sesuai dengan kebutuhan kedepan.

Lalu apa saja tugasnya?

Biasanya / umumnya PPIC sangat konsisten dalam membuat laporan pekerjaan secara berkala dan untuk memastikan bahan baku di bagian logistic sesuai dengan kebutuhan produksi. Merencanakan Proses produksi sesuai data dari Bagian Marketing. Menguasai MRP (Material Requirement Planning). Melakukan koordinasi dan tindak lanjut kepada setiap departemen yang terkait.

  • Ruang lingkup PPIC berkaitan erat dengan fungsi Marketing, Purchasing, Raw material dan Produksi.  PPIC menerima order dari bagian penjualan, mempersiapkan kebutuhan material lalu melakukan permintaan/menginformasikan order bahan baku melalui bagian purchasing hingga sampai kedepartemen raw material gudang.



Semoga bermanfaat




SALAM SUKSES



EmoticonEmoticon