4 Langkah Penting Untuk Sukses Bisnis MLM

4 Langkah Penting Untuk Sukses Bisnis MLM
4 Langkah Penting Untuk Sukses Bisnis MLM


Memang MLM berhasil melahirkan banyak orang yang sukses dari segi material. Dan poin itulah yang sering dijadikan salah satu umpan daya tarik untuk merekrut banyak peserta. Mobil mewah, liburan ke luar negeri, uang banyak, serta bermacam-macam lagi bonus menggiurkan.

Dalam kemampuan melahirkan banyak orang kaya, sistem bisnis MLM tersebut juga acap kali melahirkan banyak member yang gagal. Bahkan jumlah mereka yang gagal jauh lebih banyak dari pada yang berhasil. Dan lucunya, ketika merasakan kegagalan, mereka malah menyalahkan MLM karena tidak berhasil menjadikan dirinya kaya.

Jika Anda memiliki potensi untuk menjadi seorang yang kaya, maka setiap kegagalan akan membuat Anda bercermin diri, sebelum menyalahkan orang lain. Itulah salah satu karakter yang sebenarnya dimiliki oleh semua orang yang telah mencapai kesuksesan berbisnis. Oleh sebab itu, salahkan diri sendiri jika anda menjumpai kegagalan tatkala berkecimpung dalam bisnis model MLM. Yang perlu dicermati adalah apakah anda telah mengadopsi cara yang tepat dalam membuat penjualan dan perekrutan?

Cara tepat dan yang paling baik dalam melakukan penjualan di sistem multi level marketing adalah dengan mengikuti 4 langkah seperti disebutkan di bawah:

1. Menjalin Hubungan 

Kebanyakan mereka yang mencari downline terlalu 'ngotot' untuk menyampaikan presentasi bisnisnya, sementara orang yang ingin diajak bergabung masih dingin, kurang antusias dan merasa curiga dengan Anda. Pastikan dalam agenda memperluas jaringan bisnis, Anda melakukannya dengan relaks dan mengenali dulu prospek calon member anda. Yang terpenting adalah membangun jaringan (koneksi) tanpa terlihat ambisius.

2.  Memahami 

Bila sudah saling kenal, Anda harus mencoba memahami apa sebenarnya yang dibutuhkan dan diinginkan oleh calon konsumen dan calon member. Gunakan segala kreativitas yang ada agar proses memahami tersebut berjalan dengan biasa, nyaman dan tidak secara terpaksa.

3.  Memberi Rekomendasi 

Bila sudah paham, barulah ajukan solusi dan rekomendasi berdasarkan kebutuhan mereka. Ada kalanya apa yang Anda tawarkan ternyata tidak dapat menyelesaikan permasalahan mereka atau mereka menolak saran produk MLM anda. Jadi jangan memaksa atau memutuskan jalinan persahabatan yang baru dibangun. Bersabarlah dulu dan mungkin setelah itu akan saatnya dia bersedia untuk mempertimbangkan usulan anda.

4.  Menjual 

Menjual adalah proses akhir setelah segala yang diterangkan di atas terjadi dengan baik dan lancar.


Coba lihat proses di atas dan renungkan apakah Anda telah mengamalkannya selama melakukan aktivitas penjualan dan penawaran dalam MLM yang Anda geluti. Kebanyakan dari mereka yang kurang berhasil biasanya tidak mengikuti 4 langkah di atas. Mereka buru-buru ingin jual dan mencari lagi pelanggan dan member baru.



Semoga bermanfaat

SALAM SUKSES

referensi :kerjausaha.com


EmoticonEmoticon