8 Tips dan Cara Menjadi Pemimpin Yang Berkharisma

8 Tips dan Cara Menjadi Pemimpin Yang Berkharisma
Pada dasarnya pribadi berkharisma akan bisa sangat mudah dalam menjadi pemimpin entah itu dalam organisasi maupun dalam perusahaan. Pada beberapa kasus yang real bahwa mayoritas orang yang tidak dipercayai menjadi pemimpin adalah mereka yang tidak memiliki karakter kuat bahkan sedikitpun kharisma dalam citra diri. Walhasil karir mereka hanya stagnan di posisi staff saja atau di low manajemen officer.

Lalu seperti apa pribadi berkharisma itu?

Menurut Malik Acid Zahrani  (2010) ada tujuh  (7) ciri yang kita tangkap pada diri pribadi yang berkarisma: 

1.    Sering kali menjadi orang yang pertama mengambil inisiatif, Cara berpikirnya begitu cepat dan tanggap terhadap situasi yang terjadi dieskitarnya, sehingga selalu saja ada inisiatif yang dimunculkan. 

2.    Tidak tergesa-gesa. Sikapnya begitu tenang sekalipun sedang mengahadapi sebuah persoalan rumit dan berat tidak tergesa-gesa mengambil keputusan melainkan akan dipikirkannya matang-matang persoalan itu dia juga akan mendengarkan pendapat orang lain. Karisma bukanlah hanya mengenai diri kita sendiri tetapi lebih pada pengaruh kita terhadap orang lain.

3.    Kokoh dalam mempertahankan nilai kejujuran dan kebenaran, Inilah sifat yang luar biasa pada diri orang yang berkarisma. Pendiriannya begitu teguh pada nilai kejujuran dan kebenaran. Ketika sifat marah muncul dari diri diri sesorang yang berkarisma, pastilah hal itu disebabkan adanya nilai-nilai kejujuran dan kebenaran yang diinjak-injak. Sifat ini pula yang sangat sedikit dimiliki oleh kebanyakan orang. 

4.    Rendah diri . Orang yang berkarisma juga tidak segan-segan untuk meminta bantuan kepada lainnya, lalu mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang telah diterimanya itu. Dia juga tidak segan-segan untuk bertanya akan sebuah persolan. Hal ini tidak akan menyebabkan orang beranggapan bahwa dia “ bodoh: atau kurang ilmunya.

5.    Bersikap adil. Bersikap benar dan sejajar kepada semua orang, seta tidak membedak-bedakan antara satu dengan yang lainnya adalah cirri sikap orang yang berkarisma. Karena, sebenarnya sikap yang tidak membeda-bedakan inilah sikap yang diharapkan oleh semua orang. 

6.    Bersemangat. Orang yang berkarisma selalu bersemangat dalam menjalani kehidupannya. Sikap ini sangat terlihat jelas dalam bahasa tubuhnya yang positif. Jika dalam keadaan berdiri, dia akan berdiri tegak, lurus, dan banyak tersenyum. Pada tahap awal, pada umumnya orang terpaku pada apa yang mereka lihat daripada apa yang kita katakan  dan apa yang kita lakukan. Sehingga ,postur yang baik dan menunjukan rasa percaya diri yang tinggi, vitalitas, disip[lin, dan semangat akan meberikan pengaruh tersendiri pada seseorang.

7.    Memiliki empati yang tinggi. Ketika seorang yang berkarisma berada ditengah kerumunan orang banyak, maka dia akan memberikan kepada orang-orang itu perhatian penuh dan adil kepada semua orang. Dia juga akan ikut merasakan apa yang dirasakan oleh orang-orang itu.

Empati yang tinggi pada seseorang yang berkarisma inilah yang membuat semua orang yang berada di sekelilingnya menjadi merasa terayomi. Sangat sedikit orang yang memiliki rasa empati ini. Yang banyak adalah orang yang tidak peduli dengan sekelilingnya atau orang yang justru bersifat kebalikan dengan “ Empati” Ketujuh ciri ini tidak terlepas dari keteguhan seorang karismatik memegang sebeuah prinsip yang diyakini.

8.    Positif dan rela berkorban.

Pribadi berkharisma selalu senang jika ditunjuk menjadi role model dan inspirasi bagi orang terdekat disekelilingnya bahkan walaupun harus mengorbankan kepentingan pribadinya. Karena menurutnya hal ini bisa berguna bagi mental dirinya dan kebahagiaan orang lain.


Cukup sederhana bukan? Semoga ulasan ini bermanfaat ya.

SALAM SUKSES


EmoticonEmoticon