8 Cara Menjadi Supervisor Yang Hebat |
Perlu Anda ketahui, jika peran supervisor sangat diperhatikan manajemen dalam kurun waktu 3-4 bulan setelah mendapat promosi sebagai leader, kebanyakan supervisor baru kebingungan dengan langkah apa yang dimulai terlebih dahulu, memang disatu sisi jabatan dan kompensasinya semakin baik, namun juga berbanding dengan itu tugas dan tanggung jawabnya sudah sangat berpengaruh langsung dengan kinerja organisasinya.
Biasanya kebanyakan SDM baru mempelajari hal-hal tentang supervisor baru setelah diangkat dan kemudian kebingungan setelahnya. Ini tentang berbagi pengalaman, seperti-sepertinya mendahului sesuatu, ada kalimat yang bagus yang dapat anda ingat : " Untuk apa menjadi pemain cadangan kalau tidak siap bermain". Berikut 7 Tips Jitu Untuk menjadi Supervisor Yang Sukses
1. Persiapan Diri
Mulai mempersiapkan diri anda untuk menjadi seorang Supervisor jauh hari sebelum promosi atau hire yang ditawarkan, mempelajari dengan seksama dan terus dilatih tentang keterampilan teknis dan menilai bagaimana pekerjaan anda sekarang.
Pelajarilah banyak buku-buku tentang manajemen dan leadership. membaca tentang hal itu minimum 20 menit perhari termasuk hari sabtu dan minggu. Ambil kelas pendek tentang leadership yang peluangnya anda jalani, di Indonesia banyak sekali training-training pendek antara 3 hari s/d 1 bulan yang mengubah sudut pandang anda tentang kepemimpinan. Aktivitas anda seperti ini biasanya akan diketahui oleh pimpinan anda dan melihat anda berusaha meningkatkan kemampuan diri. Yakinlah bila hal ini yang anda lakukan, ini akan menjadi kebiasaan yang sangat baik.
2. Double cek dan kontrol
Setelah anda mendapatkan promosi ataupun pro-hire yang menempatkan anda sebagai pemegang jabatan sebagai supervisor, setiap pagi cek 5-10 menit laporan-laporan yang anda kelola dari staf anda dan jangan malu untuk meminta bantuan mereka.
3. Tegas dan efektif
Perhatikan dengan sungguh-sungguh hal-hal yang tidak perlu tetapi mengganggu staf anda dan perbaikilah. Tidak usah terlalu panjang membicarakannya, tetapkan suatu keputusan, karena mereka mencatat itu sebagai kekurangan anda. Buat mereka bekerja dengan nyaman.
4. Fokus dengan Agenda/evaluasi
Perhatikan dengan sungguh-sungguh rapat singkat mingguan, fokus dengan agenda yang direncanakan dan tepat waktu. Gunakan waktu seperti ini sebaiknya untuk peningkatan kemampuan dan pengembangan staf jika memungkinkan.
5. Subyektif dan Apresiasikan
Cari tahu kelebihan staf anda dan melihat pengembangan karir mereka. Dengan hal seperti ini mungkin suatu saat anda akan kehilangan mereka, namun mereka lebih termotivasi dan bersemangat untuk mencapai tujuan selama dalam pengawasan anda.
6. Komuinikasikan dengan efektif
Ajaklah dan ajarkanlah dalam suatu dunia pekerjaan yang sehat dan logis dan jelaskan kepada staf anda mengapa perusahaan memerlukan karyawan dengan tipe seperti itu.
7. Challenge (Tantangan)
Tantanglah staf anda untuk suatu tujuan positif bukan karena kekuasaan organisatoris belaka, bila mereka menghadapi masalah anda harus turun untuk menopang dan membantu mereka.
8. Caring (Peduli)
Sikap peduli memiliki pengertian yang cukup luas. Ini mencangkup : Jadi pendengar yang baik, mentor yang baik. perhatian, sosial, dsb,
Semoga bermanfaat
Salam Sukses,
Referensi : leadership-street
EmoticonEmoticon