Tips Sederhana Menjadi Pribadi Sukses

Banyak orang bertanya-tanya, apa sih rahasia sukses itu? Apa itu semacam kebetulan atau memang sudah nasibnya?

Ya, pertanyaan diatas seringkali muncul dalam kehidupan lingkungan bahkan dalam diri kita sendiri. Sejatinya rahasia sukses adalah dari tiada menjadi ada, dari buruk menjadi bagus. Artinya "Perlu proses" di dalamnya. Masih bingung? Berikut adalah Tips Menjadi Pribadi Sukses.

Yang pertama, kita harus memulai dari konsepsi diri, gambaran kita tentang diri ideal kita pada beberapa tahun yang akan datang. Jangan takut menatap hari esok, karena hari ini adalah awal dari esok itu sendiri. Bayangkanlah apa yang kita inginkan beberapa tahun yang akan datang. Jangan takut bermimpi akan menjadi apa dan sebagai apa, karena manusia hidup dimulai dari mimpi dan ia bisa kita jadikan tujuan. Semakin dekat kita dengan tujuan kita, semakin banyak proses yang kita lakukan, maka semakin kita akan merasakan kesuksesan. 

Langkah yang kedua, adalah citra diri. Kita harus membentuk citra diri kita, tentang apa yang seharusnya melekat pada diri kita, apa yang kita inginkan, dan tentang apa yang harus kita perbuat. Kita mulai citra diri ini dengan mengukur ada dimana kita saat sekarang ini dan ada dimana konsepsi diri kita beberapa tahun lagi. Setelah kita berpikir tentang citra diri kita, maka lanjutkan dengan berproses atau action. 

Dan action adalah bagian dari pembentukan citra diri itu sendiri. Setelah itu bisa kita lakukan. Mulailah kita coba berbicara pada diri kita (self talk). Kata hati ini kita perlukan untuk memberikan pondasi keyakinan akan sesuatu hal yang harus kita perbuat. Ingatlah! Orang yakin akan dapat dengan mudah menundukkan orang pintar. Banyak kita temui di lapangan orang yang sebenarnya tidak pintar tapi ia dapat menundukkan banyak orang-orang pintar bertitel. 

Contoh mudahnya bagaimana kita lihat A. Mushaddiq yang hanya lulusan SMA dapat memperdayai banyak orang pintar yang malah sudah ada yang lulusan S2 dengan klaim kenabiannya hanya karena ia merasa yakin bahwa ia seorang nabi. 

Citra diri dan self talk yang negatif seperti tidak pede, kecanduan rokok, malas dan mudah menyerah terjadi karena telah mengendap dalam alam bawah sadar kita. Alam bawah sadar ini bisa direprogram menjadi positif, seperti menjadi pede, terbebas dari rokok, mempunyai tekad yang keras dan tidak mudah menyerah. 

Reprogram alam bawah sadar dapat kita lakukan dengan cara masuk ke dalamnya. Kenapa selama ini orang-orang sulit mengubah citra diri dan self talk negatifnya karena alam bawah sadarnya tidak disentuh. 

Untuk menyentuh atau memasuki alam bawah sadar kita, dapat dilakukan dengan afirmasi: tegaskan secara berulang-ulang tentang apa yang menjadi tekad kita, beri ia sentuhan emosi berupa kemantapan hati akan good feeling yang akan kita tanamkan pada alam bawah sadar. 

Cara lainya untuk mereprogram alam bawah sadar kita adalah dengan bantuan figur yang amat sangat kita segani, yang setiap kata-katanya menjadi petuah bagi kita. Hal lainnya lagi adalah dengan cara relaksasi, hal ini dapat dilakukan dengan hipnosis melalui gelombang teta, yaitu suatu gelombang yang timbul saat kita sedang fokus atau sejenis gelombang yang ada pada waktu kita berada di antara alam sadar dan tidur. 

Kenapa reprogram alam bawah sadar ini penting? Karena sebenarnya ia seperti gunung es yang berada di bawah lautan. Alam sadar kita adalah gunung es yang tampak. Jadi betapa besarnya potensi yang terpendam dalam diri kita. Jika ini semua dapat kita optimalkan, maka kesuksesan sudah ada di depan mata. Inilah yang kita sebut sebagai mindset untuk menjadi pribadi yang sukses.


Semoga bermanfaat

SALAM SUKSES

Sumber :
http://manajemendanleadership.blogspot.co.id/2013/11/6-r-yang-dimiliki-pemimpin-efektif.html


EmoticonEmoticon