Inilah Hubungan Antara EFISIENSI, PRODUKTIVITAS dan EFEKTIVITAS

efisien dan produktifitas

Terinspirasi dari blognya safinnah, kali ini saya akan bagikan juga kepada anda tentang tiga istilah yang seringkali terdengar di Industri. Pernahkan anda mendengar istilah jika Efisiensi selalu berkaitan dengan efektifitas, efisiensi bisa dikatakan dengan “do the think right” sedangkan efektifitas adalah ” do the right think”. 

Ya, seperti yang telah kita ketahui, efisiensi dan efektifitas memang paket yang kalo dipisahkan dengan pembahasan produktifitas akan menjadi hambar. Oleh karena itu seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, bahwa untuk “membunuh” nyamuk dalam kamar kita banyak caranya, dalam tulisan sebelumnya ada 8 pilihan. 

Untuk suatu kondisi boleh jadi pilihan no. 1 lebih efektif dan efisien daripada pilihan no. 3 atau sebaliknya. Hal tersebut menunjukan bahwa kita mengatakan suatu hal itu efektif atau efisien juga tergantung situasi dan kondisi dan tujuan.

Pertanyaannya,  dimanakah letak hubungan antara efisiensi, efektifitas dan produktifitas?

Berdasarkan beberapa tulisan yang saya baca, salah satunya journal tentang work study yang dilakukan oleh AL Dharab, bahwa yang dinamakan produktifitas adalah perbandingan output dan input dengan faktor pengali kualitas. Secara rumus produktifitas dapat digambarkan sebagai berikut :

Produktifitas = (Output/Input) x Quality Factor

Lebih dalam lagi yang dimaksud dengan produktifitas meningkat adalah (1) Seseorang menghasilkan output lebih banyak dengan input resources yang lebih sedikit (2) Seseorang menghasilkan output lebih banyak dengan resources yang sama (3). Seseorang menghasilkan output sama, dengan menggunakan resources yang lebih sedikit (4). Sesorang yang mengahasilkan output yang sama dengan resources yang sama namun dengan kualitas outpunya yang lebih baik.

Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa produktifitas tidak hanya berkaitan dengan efisien, utilisasi saja namun lebih dari itu produktifitas juga berkaitan dengan kualitas. Paradigma yang setingkat lebih maju, artinya sekarang semua hal dituntut untuk dihasilkan dengan waktu yang cepet, resources yang minimal dengan kualitas yang optimal.

Berkaitan dengan efisiensi, utilisasi dan kualitas. Efisiensi merupakan perbandingan antara manhours standard dibandingkan dengan aktual manhours kerja. Rumusan tersebut menunjukan bahwa efisiensi berkaitan dengan seberapa orang dapat menyelesaikan target atau standar yang sudah ditetapkan dengan menggunakan resources yang sudah ada. Apabila nilai efisiensi lebih dari atau sama dengan satu, bisa dikatakan orang tersebut efisien, sebaliknya. nach kalo dirumuskan efisiensi sebagai berikut :
Efisiensi : (standard hours of produced/actual worked hours) x 100%

Sedangkan yang dimaksud utilisasi adalah perbandingan antara jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan, task dan job dibandingkan dengan waktu yang tersedia untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Nach kalo dirumuskan adalah sebagai berikut :

Utilisasi : (actual worked hours/available hours) x 100%

Dengan kedua pengertian tersebut maka dapat diturunkan yang namanya produktifitas. Produktifitas adlah perbandingan output per input. Bagaimana hubungan rumus produktifitas dengan efisiensi dan utilisasi. Berikut kutipan dari jurnal yang disampaikan oleh al dharab :
  • Produktifitas : Efisiensi x Utilisasi x Quality Factor
  • Produktifitas : (standard hours of produced/actual worked hours) x (actual worked hours/available hours) x Quality Factor x 100%
  • Produktifitas : (standard hours of produced/available hours) x Quality Factor x 100%

Untuk memudahkan pemahaman berikut saya beri ilustrasi tentang hal tersebut.

Tono bekerja masuk kerja dari jam 07.30 sampai dengan 16.30, artinya available manhours untuk tono 8 jam. Tono sekarang sedang melakukan pekerjaan ganti ban pesawat. untuk ganti ban pesawat tersebut tono membutuhkan waktu 6 jam. Namun tono bekerja tidak sendirian, dia dibantu oleh seorang temen tini. 

Tini mengerjakan ganti ban pesawat juga selama 6 jam. Sedangkan standard manhours untuk ganti ban pesawat adalah 10 jam oleh 1 orang engineer. Kira-kira berapa produktifitas tono dan tini? Produktifitas keduanya, dapat dihitung sebagai berikut :
  • Efisiensi Tono atau Tini = 10/(6×2)= 10/12 = 0,83
  • Utilisasi Tono atau Tini = 12/(8×2) = 0,75
  • Quality Factor = 0,95 (Justifikasi kualitas pekerjaan yang dikerjakan oleh Tono dan Tini dinilai oleh QA engineer)
Produktifitas Tono atau Tini = 0,75 x 0,83 x 0,95 = 0,59


Sekian ulasan kali ini semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.


EmoticonEmoticon