Prosedur Dalam Merancang Mesin


ardy-web - Bagi anda yang bergelut di bidang permesinan, mungkin sudah tak asing lagi dengan prosedur dasar tentang perancangan sebuah mesin. Ya, prosedur diperlukan agar aktifitas ini berjalan dengan baik dan benar serta tak meninggalkan kaidah ilmu mesin sendiri. 

Sebenarnya. dalam perancangan komponen mesin di sisni tidak ada aturan yang baku. Masalah perancangan mungkin bisa diselesaikan dengan banyak cara. Jadi, dalam kasus ini mengapa saya menyebutnya "prosedur umum" untuk menyelesaikan masalah perancangan, ya langsung saja berikut adalah Prosedur Umum Dalam Merancang Mesin.

1. Mengenali kebutuhan/tujuan . Pertama adalah membuat pernyataan yang lengkap dari masalah perancangan, menunjukkan kebutuhan/tujuan, maksud/usulan dari mesin yang dirancang. 

1 2. Mekanisme. Pilih mekanisme atau kelompok mekanisme yang mungkin. 

3. Analisis gaya. Tentukan gaya aksi pada setiap bagian mesin dan energi yang ditransmisikan pada setiap bagian mesin. 

4. Pemilihan material. Pilih material yang paling sesuai untuk setiap bagian dari mesin. 

5. Rancang elemen-elemen (ukuran dan tegangan). Tentukan bentuk dan ukuran bagian mesin dengan mempertimbangkan gaya aksi pada elemen mesin dan tegangan yang diijinkan untuk material yang digunakan. 

6. Modifikasi. Merubah/memodifikasi ukuran berdasarkan pengalaman produksi yang lalu. Pertimbangan ini biasanya untuk menghemat biaya produksi. 

7. Gambar detail. Menggambar secara detail setiap komponen dan perakitan mesin dengan spesifikasi lengkap untuk proses produksi. 8. Produksi. Komponen bagian mesin seperti tercantum dalam gambar detail diproduksi di workshop.


Sekian ulasan mengenai Prosedur Dalam Merancang Mesin yang bisa saya sampaikan. Semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.


EmoticonEmoticon