Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Wawancara Kerja


Terlalu banyak hal yang kritis dan penting yang harus di perhatikan dalam tes interview kerja. Namun Perihal cara berbusana, waktu dan lokasi wawancara, kita semua pasti tahu bagaimana mensiasatinya. Namun, kita akan cemas pada persiapan apa yang harus dilakukan agar lancar menjawab pertanyaan-pertanyaan saat wawancara kerja nanti.

Nah agar tidak menjadi semakin bingung, langsung saja kepada point yang memang mutlak harus diperhatikan.

1. Kekuatan

Inti dari wawancara yang pertama adalah untuk mengetahui apakah Anda memiliki kekuatan dalam arti Anda punya pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan turunan yang sering ditanyakan antara lain:

Coba cerita mengenai diri Anda,
Coba ceritakan mengenai pekerjaan sekarang ini,
Apakah Anda pernah menangani konflik dalam team,
Apakah Anda pernah melakukan negosiasi dsb.

Fokuslah pada pencapaian kinerja yang Anda raih selama di bangku pendidikan atau selama pengalaman bekerja Anda saat ini.

Jangan terlalu terpaku pada deskripsi kerja karena pewawancara sudah membacanya dari CV Anda. Berikan penjelasan perihal prestasi dalam jawaban Anda meskipun pewawancara berputar-putar dengan pertanyaannya. Anda sedang mempromosikan diri Anda jadi selipkan prestasi disetiap jawaban Anda bila memungkinkan.

2. Motivasi

Inti dari wawancara yang kedua adalah untuk mengetahui motivasi Anda bekerja. Pewawancara ingin tahu apa yang membuat Anda ingin bekerja dan tertarik untuk bergabung dengan mereka.

Pertanyaan-pertanyaan turunan yang sering ditanyakan antara lain:

Kenapa Anda mau pindah dari pekerjaan sekarang,
Kenapa Anda tertarik bekerja di perusahaan kami,
Ceritakan kenapa Kami harus mempekerjakan Anda dsb.

Apa alasan kenapa pemberi kerja bertanya perihal ini?

Mereka ingin tahu motif Anda pindah bekerja. Apakah berharap penghasilan lebih semata ataukah karena Anda memang ingin memberikan kontribusi lebih bagi perusahaan.

Tentunya Anda harus berhati-hati dalam pertanyaan motivasi ini. Jangan terjebak untuk bertanya lebih dulu bagaimana benefit yang akan didapatkan. Perusahaan yang baik akan adil terhadap Anda bila memang Anda terbukti mampu memberikan kontribusi baik buat perusahaan.

3. Kesesuaian

Inti dari wawacara yang ketiga adalah untuk mengetahui apakah Anda memiliki kesesuaian dengan pekerjaan dan kinerja yang diinginkan.

Anda mungkin punya kemampuan untuk bekerja dan memiliki motivasi tinggi, tapi bila cara kerja Anda tidak sesuai dengan budaya perusahaan tentunya kinerja terbaik dari Anda tidak akan muncul.

Pertanyaan-pertanyaan turunan yang sering ditanyakan mengacu pada kesesuaian antara lain:

Apa kekuatan dan kekurangan Anda,
Anda lebih menyukai bekerja sendiri atau bekerja dengan team,
Apa cita-cita Anda dalam 1-3 tahun kedepan dsb.

Pewawancara kerja ingin kepastian bahwa mereka mendapatkan orang yang tepat untuk mengisi kekosongan dalam team mereka tanpa perlu merubah tatanan kerja yang sekarang ini berlaku.

Mereka juga ingin kepastian bahwa Anda bisa melakukan penyesuaian kerja dengan cepat dan bisa bekerjasama dengan anggota team lainnya tanpa menemui banyak hambatan.
Penutup

Para sahabat semua. Apa yang diutarakan diatas semoga bisa mengurangi dan menghilangkan kecemasan.

Bila kita bekerja selama ini dengan baik ataupun punya prestasi gemilang di bangku kuliah maka semua pertanyaan wawancara kerja tersebut akan mudah untuk dijawab.

Semoga bermanfaat yaa.


EmoticonEmoticon