3 Cara Dasar Menguasai dan Memperdalam Softskill

Softskill merupakan satu kemampuan yang sangatlah harus di miliki ketika akan memasuki dunia kerja. Para praktisi perusahaan memang memahami kalau soft skill memang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kinerja seseorang. Mungkin bisa saja seseorang tersebut memang sangatlah pandai dalam memecahkan rumus matematika, akan tetapi ketika dia diajak untuk bekerja secara tim ia tidak mampu untuk mengeluarkan idenya.

Untuk penguasaan ini soft skill ini sebenarnya bisa Anda peroleh secara instan. Galuh Setia Winayu, Supervisor Training & Counseling ECC UGM mengungkapkan, bahwa soft skill hendaknya dilatih dengan cara yang bertahap sejak dini, agar kelak ketika menghadapi dunia kerja mereka telah memiliki bekal yang cukup untuk kesuksesan perjalanan karirnya.

Sama halnya dengan apa yang diungkapkan oleh Galuh, Daniel Christiananda, HR Recruitment and Training PT Gameloft Indonesia, juga menjelaskan, bahwa kemampuan soft skill lebih baik dilatih dengan melalui hal-hal yang sangatlah sederhana. Dan itu akan lebih memudahkan seseorang mendapatkan soft skill.

Akan tetapi, apakah saat ini Anda telah terlambat untuk melatih soft skill Anda? Perlu Anda ketahui, ada pepatah yang mengatakan, “lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.” Berikut ini ada beberapa cara ampuh bagi Anda terkait melatih soft skill.


1. Berani jadi pemimpin di organisasi

Dalam mengikuti sebuah organisasi, sebaiknya Anda jangan hanya menjadi seorang follower sejati saja, namun Anda harus berani dalam mengambil satu inisiatif guna menjadi seorang pemimpin serta mengkoordinasinya dalam menjalankan pekerjaan. Hal ini justru akan lebih membuat Anda menjadi seorang yang mampu berkoordinasi dengan baik, lebih mengenal sistem birokrasi, serta memiliki solusi tepat dalam memecahkan suatu masalah.

2. Mengikuti Outbound 

Banyak diantaranya jenis outbound games yang pastinya mengandalkan kerjasama tim ataupun daya pikir personal. Outbound games akan lebih menuntut setiap pesertanya untuk lebih memiliki kekreatifan yang lebih tinggi, sebab hal ini akan membutuhkan daya juang yang lebih tinggi dalam menyelesaikan setiap tantangan. Dalam hal ini tidak akan ada siste, reward ataupun sistem punishment, sebab di dalam outbound mereka akan lebih diharapkan mampu mengambil filosofi di balik permainan yang dilakukan tersebut.

3. Teori dan praktik yang dirangkum dalam pelatihan soft skill 

Perlu Anda ingat, training bukanlah shortcut bagi Anda guna menguasai soft skill yang pastinya Anda butuhkan dalam dunia kerja. Namun dengan Anda mengikuti training, Anda akan diharapkan mampu untuk menguasai setiap materi serta mengaplikasikannya dengan cara yang lebih spesifik lagi. Dari berbagai macam contoh yang diberikan, Anda diharapkan mampu mengambil pelajaran yang lebih jauh. Tidak jarang, dalam training terdapat games yang melatih kekompakan dan kreativitas. Melalui soft skill training, Anda bisa belajar banyak secara lebih intens dengan trainer maupun peserta lain tentang permasalahan yang pernah Anda hadapi.


Nah, semoga artikel ini bermanfaat ya. tetap kembangkan soft skill anda di softskillx yaaa.


EmoticonEmoticon