Perbedaan Antara E-Business Dengan E-Commerce

Perbedaan Mendasar E-Business Dengan E-Commerce
Perbedaan Mendasar E-Business Dengan E-Commerce

Sebelum mendefinisikan, ada baiknya Anda mengetahui apa saja definisi tentang e-business dan e-commerce. Nah berikut adalah definisinya :

#e-business

E-bisnis adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan—dapat berupa berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi, atau/dan peningkatan produktivitas dan profit.

– penggunaan TI khususnya teknologi jaringan
dan komunikasi untuk meningkatkan cara
organisasi melakukan seluruh proses
bisnisnya/proses internalnya.

– merupakan interaksi bisnis dengan eksternal
organisasi dengan memanfaatkan teknologi TI

#e-commerce

Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”

– Merujuk pada pelaksanaan transaksi bisnis
seperti pembelian dan penjualan secara
elektronik.

Jadi bisa ditarik kesimpulan Perbedaan antara E-Business Dengan E-Commerce adalah :

Perbedaan antara e-commerce dan e-business adalah bahwa tujuan e-commerce memang benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang atau melibatkan pertukaran uang dalam transaksi), sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya. Semua aspek dalam bisnis, seperti pemasaran, perancangan produk, manajemen pemasokan, dsb., tercakup kedalamnya.

Menurut Turban, e-business atau bisnis elektronik merujuk pada definisi e-commerce yang lebih luas, tidak hanya pembelian dan penjualan barang serta jasa, tetapi juga pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, e-learning, dan transaksi elektronik dalam perusahaan (2005:182).



Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon