Cara Efektif Merubah Nasib, Pola Pikir Dalam Diri

Menurut saya pola pikir adalah total (keseluruhan) dari sikap, kuputusan, kebiasaan, keyakinan, identitas dan tentunya pola-pola kecil tentang semua yang ada dalam diri dan juga orang lain. Jadi ketika Anda memutuskan untuk merubah/menggeser pola pikir lama, berarti Anda beralih pada suatu perjalanan/permainan baru dengan role (aturan) baru juga tentunya. So, seberani apa Anda bisa berubah? Merubah nasib Anda?

Pernahkah anda berpikir jika :

"Pola pikir Anda membentuk kehidupan Anda dan menarik kepada diri Anda hasil-hasil yang merupakan refleksi pasti pola pikir itu. Apa yang Anda percayai akan terjadi, benar-benar terjadi"

"Realitas diciptakan oleh pikiran. Kita dapat mengubah realitas mengenai diri kita dengan mengubah pikiran kita" (Plato)

Dalam aktivitas sehari-hari kita mendekati, bereaksi, dan pada kenyataannya menciptakan dunia kita berdasarkan pola pikir individual kita sendiri. Pada konteks ini, pola pikir kita memberitahu kita bagaimana permainan hidup ini harus dimainkan, dan mengatur apakah kita memainkannya secara berhasil atau tidak. 

Lalu bagaimana prosesnya?

Dalam proses merubah pola pikir diawali dengan memasukkan hal (ide) positif atau bahkan keinginan positif yang dimiliki lalu mempertahankan ide itu dengan membentuk aktvitas kebiasaan dan selama mungkin di dalam pikiran anda.

Lalu kemudian informasi/ide/keingingan tersebut dirasakan seolah-olah sudah terjadi (sudah menjadi milik kita). Nah, dengan menumbuhkan hal (ide) positif berulang-ulang pada pikiran diri anda hingga menjadi sebuah kebiasaan kata-kata, tindakan anda setiap harinya.

Pikiran seperti magnet yang sangat kuat! Yang bisa menarik lingkungan dan keinginan anda menjadi nyata, ya percaya atau tidak ternyata tanpa anda sadari pun anda sering melakukannya setiap hari. hhe.

Sebagai contoh, kita mungkin memiliki paradigma (pola pikir) dalam diri, yang memberitahu kita,“Kehidupan ini sangat keras, kehidupan ini sangat bosan, dsb. Lalu sebagai aktivasinya anda berkata "Aku harus berjuang dan aku tidak mungkin seperti ini terus" Atau kita mungkin memiliki pola pikir yang lebih positif, seperti, “Aku yakin bisa dan aku pun punya kemampuan yang lebih hebat dari orang lain.” sebagai aktivasinya anda melangkah dan lebih percaya diri. Benar begitu bukan? Ya, hanya anda yang bisa menjawabnya.

Kita semua memiliki keyakinan (pola pikir) lama yang baik ataupun buruk terhadap diri kita. Jika kita tidak memeriksa pola pikir kita dan bertanya apakah pola pikir itu mendukung atau membatasi kita, kita beroperasi “secara otomatis.” Kita tidak lagi memilih keyakinan dan pola pikir kita, tetapi keyakinan dan pola pikir itu menyebabkan kita menjalani hidup dengan cara tertentu. Kita menciptakan pola pikir kita sendiri, tetapi pada saat yang sama, pola pikir kita menciptakan diri kita. Jika kita tidak mempertanyakan keyakinan yang menyebutkan bahwa “kehidupan ini sulit,” misalnya, kita akan terus berjuang bahkan tanpa mengetahui penyebabnya.

Intinya, kita dapat mempercayai apa pun yang ingin kita percayai. Dan kita dapat menemukan banyak bukti untuk mendukung keyakinan atau pola pikir apa pun yang kita pilih, jadi kita juga dapat memilih keyakinan yang memperkuat kita dan menggerakkan kita untuk maju. 

Cukup sederhana bukan? Buatlah segalanya serba mudah, serba mungkin hingga anda pun merasa yakin! karena "Keyakinan yang salah sangat menghambat dan membatasi pengembangan diri kita"


referensi : mindset revolution, akuinginsukses


EmoticonEmoticon