Pengertian dan Definisi CSR Dalam Industri Manufaktur

Definisi dan Pengertian CSR (Corporate Social Responsibility)

Berkembangnya dunia industri manufaktur yang pesat mengharuskan para paraktisinya mengimplementasikan konsep CSR kepada perusahaannya. CSR sendiri merupakan sebuah kesadaran (tindakan) yang bersifat sosial untuk lebih mensejahterakan masyarakat.

CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. 

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah fenomena dan strategi yang digunakan perusahaan untuk mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR dimulai sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability perusahaan.

Keberhasilan CSR harus di ikuti oleh tata kelola perusahaan yang baik dengan dilaksanakan sepenuh hati dan pendekatan dengan mengedepankan hati tak terbantahkan merupakan cara terbaiknya dengan keikutsertaan segala ruang lingkup (semua pimpinan) perusahaan.


Sekian dulu ulasan singkat padat ini. 
Semoga bermanfaat.

SALAM SUKSES



referensi :
http://seputar-mahasiswa.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-csr-manfaat-csr-dan_3763.html


EmoticonEmoticon