Apa Perbedaan Antara QC dan QA?


Perbedaan QC dan QA. Dalam disiplin ilmu teknik Industri, kita seringkali mempertanyakan apa batas-batas perbedaan antara Quality Control dengan Quality Assurance. Pada dasarnya Quality Control (QC) maupun Quality Assurance (QA) berpijak pada satu organisasi (bagian department) yang sama. Dua-duanya memiliki keterkaitan yang tidak bisa dipisahkan. 

Jika QC berfokus pada lantai produksi, QA berfokus pada Konsumen dalam hal kualitasnya. Ini menjelaskan QC dan QA memang memiliki istilah yang berbeda dalam arti serta tujuan.

Hal ini sebenarnya sangat mudah untuk mendefinisikan dan menjelaskan kedua istilah. Mari kita mulai dengan melihat definisi Quality Assurance dan Quality control sesuai berbagai badan standar.


#Sesuai American Society of Quality, ASQ

QA didefinisikan sebagai "kegiatan yang direncanakan dan sistematis diimplementasikan dalam sistem mutu sehinggapersyaratan mutu untuk suatu produk atau jasa akan terpenuhi."

QC didefinisikan sebagai "The teknik observasi dan kegiatan yang digunakan untuk memenuhi persyaratan kualitas."


#Sesuai ISO 9000

QC didefinisikan sebagai "Sebuah bagian dari manajemen mutu difokuskan pada pemenuhan persyaratan mutu"

QA didefinisikan sebagai "Sebuah bagian dari manajemen mutu difokuskan pada penyediaan keyakinan bahwapersyaratan mutu akan dipenuhi"

Jelas, ada perbedaan mencolok antara Quality Assurance dan Quality Control.

Perbedaan yang paling mencolok antara jaminan kualitas dan kontrol kualitas adalah bahwa sementara QCberorientasi produk, QA berorientasi proses.

Kontrol kualitas lebih berfokus pada deteksi kegagalan. Ini terdiri dari berbagai metode, sistem dan strategi untuk memutuskan daerah-daerah tertentu yang berada di bawah ekspektasi dan standar perusahaan untuk produk dan layanan.

Di sisi lain, jaminan kualitas berkaitan dengan proses dan aturan yang bertujuan untuk meramalkan kegagalanpotensial yang mungkin terjadi untuk mencegah hal ini terjadi bahkan sebelum hal itu terjadi.

Diferensiasi lain antara QA dan QC adalah bahwa sementara Jaminan kualitas memastikan bahwa apa yang Anda lakukan adalah hal yang benar dengan cara yang benar, sementara QC memastikan bahwa hasil apa yang telah Anda lakukan adalah sesuai harapan Anda.

QA adalah fungsi proaktif, oleh karena itu program jaminan kualitas memberikan kualitas yang lebih tinggi daripekerjaan.

QC berkaitan dengan memeriksa bahwa pekerjaan dilakukan dengan benar, dan sesuai. Ini berfokus padamengoreksi penyimpangan setelah pekerjaan telah dilakukan. Atau kita bisa mengatakan, kegiatan pengendaliankualitas bertindak sebagai langkah-langkah perbaikan.

Perbedaan antara QA dan QC juga merupakan salah satu kekuasaan dan kontrol. QC berada di bawah kendalipengembangan sementara QA mengontrol pembangunan.

Hal ini sering ditemukan bahwa sementara beberapa perusahaan lebih berkonsentrasi pada QC, lain berfokus terutama pada jaminan kualitas. Untuk efisien menjalankan dan kualitas produk, baik proses ini harus tunduk padaevaluasi yang tepat dan manajemen.

Ringkasan

Kedua QA dan QC memiliki tujuan yang sama, tetapi mereka berbeda dalam pendekatan dan gaya. Mereka sangatsaling bergantung yang membuatnya sulit untuk menentukan perbedaan. Untuk membuat masalah lebih buruk, di beberapa organisasi, baik fungsi yang dilakukan oleh satu departemen.

Semoga bermanfaat.

SALAM SUKES


EmoticonEmoticon